Ini Jumlah Calon Jemaah Haji Sawahlunto yang Berangkat ke Tanah Suci

Inews Jatim 

SAWAHLUNTO-Sebanyak 56 calon jemaah haji (CJH) Sawahlunto dipastikan berangkat ke baitullah. CJH Sawahlunto berangkat dari Embarkasi Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Minggu, 18 Juni 2023. 

"Semula CJH kita berangkat 39 orang. Setelah adanya tambahan cadangan dan mutasi, maka yang berangkat menjadi 56 orang," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sawahlunto, Dedi Wandra kepada wartawan Kamis (25/5). 

Dedi mengatakan, tambahan cadangan 11 orang CJH, satu orang belum bisa berangkat karena sedang hamil. Lalu, mutasi 6 orang CJH ke Sawahlunto dari daerah lain yang berasal dari kota ini ikut dalam rombongan kota ini.  

"Pastinya, semua CJH Sawahlunto  sudah melunasi ongkos naik haji (ONH), termasuk cadangan tambahan. Artinya, secara administrasi sudah lengkap dan terpenuhi," imbuh Dedi. 

Disebutkan Kepala Kantor Kemenag, CJH Sawahlunto berada di kelompok terbang (Kloter) 14 Gelombang ke 2 bersama calon jemaah haji dari Kota Solok, Kabupaten Solok, Solok Selatan dan Padang. 

"Kita usahakan CJH kita di Sawahlunto termasuk cadangan tambahan bisa berangkat dalam satu kloter. 

Direncanakan akan dilepas Walikota Deri Asta yang juga ikut CJH Sawahlunto ," ujar Dedi Wandra.

Dikemukakannya, di 2022, jemaah haji yang ke Baitullah dari Sawahlunto 33 orang. Kini, bertambah menjadi 56 calon jemaah haji. 

Disebutkannya, calon jemaah haji itu juga sudah dibekali dengan tata cara beribadah berupa manasik. Pemerintah menyelenggarakan manasik 2 kali pertemuan di kota dan 8 kali di Kantor Urusan Agama (KUA). Di luar itu manasik mandiri yang diselenggarakan CJH. CN

0 Comments