Hari Bakti Dokter Indonesia ke-115, Masyarakat Ramaikan Stand Ekpo PDPI Sumbar

 

PADANG-Dalam rangka Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) ke -115, Ikatan Dokter Wilayah Sumatera Barat mengadakan Ekspo Kesehatan sekaligus pelayanan spesialistik bagi pengunjung Stadion Agus Salim Padang, Minggu 21 Mei 2023. 

Ketua IDI Wilayah Sumatera Barat, DR dr Roni Eka Sahputra, (K) Spine disela-sela acara menyatakan Ekspo Kesehatan dan Pelayanan Spesialis ini diikuti oleh 24 Perhimpunan Dokter Spesialis, 8 Rumah Sakit, 1 Fakultas Kedokteran, dan Stand Usaha Kecil dan Menengah (UMKM).

Salah satu Stand Ekpo yang terpantau  banyak diminati warga masyarakat yang hadir dalam arena Ekpo adalah stand Ekpo Spesialis Paru yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Ketua PDPI cabang Sumatera Barat, DR dr. Masrul Basyar, SpP (K) FISR, didampingi Oleh dr. Sabrina SpP (K)FISR.

Ketua Pengabdian Masyarakat PDPI, dr. Afriani Sp P(K)FISR, mengataka pelayanan yang dibuka di Stand Ekpo PDPI adalah diantaranya pelayanan Konsultasi seputar Kesehatan Paru, dan Konsultasi Upaya berhenti merokok (UBM).

"Alhamdulillah Stand PDPI Sumbar sejak pagi jam 7 tadi  di buka sudah dikunjungi sekitar hampir 200 orang," katanya.

Dokter Masrul menambahkan, Keikut sertaan PDPI dalam Ekpo Kesehatan IDI Wilayah Sumatera Barat, adalah bentuk partisipasi dan pengabdian mereka di Sumatera Barat. Saat ini dokter paru di Sumbar berjumlah 61 orang dengan PPDS paru 52 orang.

"Kepada masyarakat Sumbar, sebagai informasi bahwa dokter Paru adalah Leading Sektor Pelayanan Covid-19, sehingga keikut sertaan PDPI Bersama masyarakat tidak diragukan lagi.

Sayuti, seorang pasien yang berkunjung ke Stand PDPI, menyatakan apresiasi dengan pelayanan konsultasi merokok yang dibuka oleh PDPI.

Sayuti, seorang perokok berat yang menghabiskan dua bungkus rokok perhari. Dia mengaku tertarik dengan cara dokter spesialis yang ada di Stand PDPI memberikan edukasi terhadap dirinya yang seorang perokok.

"Inshaa Allah keluar dari arena stand ini saya berniat berhenti merokok. Sebab dokter sudah memberi percerahan pada saya dan juga memberi tips cara berhenti merokok pada saya. Semoga saya bisa menjalankan pola haidup sehat ke depan," pungkasnya. YL


ada niat baginya untuk berhenti merokok, Ujar Pak Sayuti menutup Pembicaraan.

0 Comments