Ribuan Lansia Dharmasraya Berbahagia, Begini Perhatian Sutan Riska pada Warganya

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska foto bersama dengan para lansia. Ist

PULAU PUNJUNG-Hari tua semua orangtua sangat ingin berkumpul dengan keluarga besar. Terutama anak-anak dan para cucu. Sayang tak semua lansia mendapatkan keinginan tersebut. 

Atas kondisi itu Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat yang menjadi tuan rumah penyelenggarakan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 27 memberikan perhatian penuh pada para lansia. 

Kabupaten yang dipimpin Sutan Riska tersebut memberikan layanan gratis. Mulai dari pelayanan kesehatan seperti operasi mata katarak. Pernikahan massal gratis, bantuan sembako, makanan sehat, bedah rumah, bantuan kaca mata, kursi roda, tongkat dan masih banyak bantuan yang diberikan untuk para lansia tersebut. 

"Para lansia kita harus mendapatkan kasih sayang diusia senjanya. HLUN momen kita mencurahkan kasih sayang untuk para lansia," kata Bupati Dharmasraya, Sutan Riska, kepada wartawan.

Disebutkan Sutan Riska, HLUN dicanangkan pertama kali secara resmi pada tanggal 29 Mei 1996 lalu di Semarang. Dengan dasar inilah, negara hadir bersama stakeholder dalam memperhatikan kelanjutusiaan. Kehadiran negara ditandai pula dengan diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2021, tentang Strategi Nasional Kelanjutusiaan, dimana pemerintah memberikan perhatian khusus kepada Lanjut Usia.

Bupati mengajak seluruh pihak, anak- anak, tua, muda untuk berpartisipasi mempromosikan mensukseskan seluruh kegiatan HLUN dan Hari Tagana.

Pada HLUN ke 27 dengan perayaan puncak pada 29 Mei 2023, Kabupaten Dharmasraya mengusung tema “Lansia Terawat Indonesia Bermartabat”. YL


0 Comments