Hujan Abu Vulkanik Landa Posko Siaga Darurat Erupsi Marapi

Penampakan hujan abu yang terjadi di sekitar Gunung Marapi, Kabupaten Agam Sumatera Barat. Ist



AGAM-Hujan abu vulkanik kembali turun di kawasan posko siaga darurat erupsi Gunung Marapi, Kabupaten Agam, Sumatra Barat, Minggu (14/1/2024) pagi. 

Hujan abu ini terjadi sekitar 10 menit pasca erupsi gunung berapi tersebut pada pukul 06.21 WIB.

Video menunjukkan erupsi Gunung Marapi pada pukul 06.21 WIB di Posko Lapangan Siaga Darurat Erupsi Gunung Marapi di Jorong Batang Silasiah, Nagari Bukik Batabuah, Kabupaten Agam. Tak lama berselang, hujan abu disertai gerimis turun dengan cukup deras.

Sejumlah warga terlihat mendatangi posko untuk meminta masker sebagai pelindung pernapasan. Sejumlah kendaraan yang terparkir di sekitar posko juga ikut tertutupi abu vulkanik.

"Data dari Pos Pemantauan Gunung Marapi, terjadi erupsi pada pukul 06.21 WIB dengan tinggi kolom letusan 1.300 meter dari puncak kawah. Gunung Marapi Sumatra Barat saat ini masih berstatus siaga atau level III dengan radius aman 4,5 kilometer dari puncak kawah." Kata Petugas Pos Pantau Marapi,  Teguh Pramono.

Pantauan di lokasi, hujan abu terlihat jelas di benda-benda yang berada di luar ruangan. Seperti di mobil dan sepeda motor yang terparkir di alam bebas. Masing-masing kendaraan terlihat jelas diselimuti abu vulkanik . Debu pagi ini lebih pekat dari yang sebelumnya. DC

0 Comments