Pelaksanaan Hibah PKM, Tim Dosen UPI YPTK Padang Merancang dan Memanfaatan Aplikasi Mendiagnosa Penyakit Gigi dan Mulut

Foto bersama tim PKM YPK Padang. 
PADANG-Dosen UPI YPTK Padang kembali menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). PKM kali ini berkaitan dengan pelayanaan untuk kesehatan gigi dan mulut di Ins Dental Care yang berlokasi di Jl. Gunung Pangilun No. 5 Padang. 

Ins Dental Care merupakan salah satu klinik di Kota Padang yang memberikan pelayanaan untuk kesehatan gigi dan mulut. 

Ketua Tim PKM UPI YPTK Padang, Dr. Rini Sovia, S.Kom, mengatakan pelaksanaan PKM merupakan salah satu kegiatan dalam hibah yang didanai Yayasan perguruan Tinggi Komputer di bawah LPPM Universitas Putra Indonesia YPTK Padang. 

"Salah satu tujuan dari pendanaan ini adalah untuk memberikan bantuan dan mempermudah dosen-dosen dalam pelaksaaan Tri Dharma perguruan tinggi, dalam hal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, berdasarkan keilmuan yang dimiliki oleh setiap dosen yang berada di lingkungan Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang,"kata Dr. Rini Sovia, didampingi anggotanya Ricki Ardiansyah, S.Kom., M.Kom dan Maha Rani, S.Kom., M.Kom, dalam pers rilisnya, Senin, (15/1).  

Disebutkannya, pelayanan yang tersedia di Ins Dental care yaitu Scaling (Pembersihan Karang Gigi), penambalan gigi anak dan dewasa, perawatan syaraf gigi, pencabutan gigi anak dan dewasa, pencabutan gigi geraham bungsu. Kemudian perawatan merapikan gigi, perawatan gigi palsu cekat & lepasan, Bleaching (pemutihan gigi), Splinting (perawatan gigi goyang), Gingivectomy (pembuangan gusi yang membesar dan menutupi gigi) serta permasalahan lainnya yang terkait dengan gigi dan mulut.

"Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini juga untuk membantu dokter gigi dalam mendiagnosa awal penyakit gigi dan mulut, berdasarkan gejala yang di derita pasien. Diagnosanya menggunakan suatu aplikasi berbasis teknologi informasi. Dengan memanfaatkan aplikasi ini dokter dapat dengan mudah memperoleh diagnosa awal penyakit gigi dan mulut,"katanya.

Hal itu sejalan dengan apa yang disampaikan oleh drg. Mela Sari bahwa kegiatan PKM ini khususnya memberikan pengetahuan dan pemahaman (pelatihan dan sosialisasi penggunaan) kepada dokter-dokter di Ins Dental Care, dalam pemanfaatan teknologi informasi terkait dengan mendiagnosa awal penyakit gigi dan mulut,  pada setiap permasalahan pasien yang datang ke klinik.

dr. Mela  Sari berharap aplikasi yang diciptakan oleh tim PKM UPI YPTK Padang, dapat terus dikembangkan agar dapat dimanfaatkan secara luas oleh semua dokter gigi yang ada. Tidak hanya di Ins Dental Care tapi juga bisa digunakan oleh dokter gigi yang ada di Sumatera Barat dan bahkan di tingkat nasional.

Dalam pelaksanaan PKM yang dilakukan oleh tim ini diharapkan aplikasi yang telah mereka ciptakan dapat membantu mempercepat (mempermudah) dokter gigi, mendiagnosa awal permasalahan gigi dan mulut pada setiap pasien yang datang ke klinik gigi. 

Pemanfaatan teknologi pada saat ini sangat dibutuhkan oleh semua pihak begitupun dalam dunia medis khususnya oleh dokter gigi dalam mempermudah dan mempercepat setiap permasalahan yang ada tanpa meninggalkan keilmuan dokter gigi yang telah ada selama ini. 

Tim PKM juga berharap, aplikasi yang mereka rancang tentunya tetap ada dan dilakukan pengembangan terbaru nantinya sesuai kebutuhan dan perkembangan keilmuan pada dokter gigi dan teknologi kedepannya, permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan dunia kedokteran. Khususnya dokter gigi dan mulut tentu akan terus berkembang sehingga aplikasi dalam pemanfaatan teknologi juga terus akan berkembang sesuai dengan tuntutan zaman.

Tim PKM tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung mereka dalam menciptakan dan mengembangkan aplikasi ini. Terutama kepada ketua Yayasan Perguruan Tinggi Komputer dan Civitas Akademika Universitas Putra Indonesia ‘YPTK’ Padang dalam bantuan dana hibah PKM. Serta kepada semua pihak di Ins Dental Care seperti dokter, perawat dan manajemen yang telah bersedia memberikan informasi-informasi dan waktu dalam pelaksanaan PKM ini. rel

0 Comments