Unand Peringkat 6 SINTA, LPPM Siap Dukung Dosen Publikasi Internasional

Gedung Kampus Unand. Ist
PADANG- Universitas Andalas (Unand) naik peringkat di Science and Technology Index (SINTA) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Unand kini berada di posisi keenam dengan skor Sinta mencapai 618.228 dalam tiga tahun terakhir.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unand, Prof. Techn. Marzuki, mengatakan bahwa capaian ini merupakan hasil kerja keras seluruh civitas akademika Unand.

"Ini semua merupakan capaian kita bersama, mulai dari dosen sebagai peneliti, tenaga kependidikan yang membantu administrasi penelitian, serta pimpinan mulai rektor hingga kaprodi," ujarnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Rektor Prof. Yuliandri dan Ketua LPPM Dr. Ing Uyung Gatot periode periode sebelumnya yang telah melakukan usaha-usaha kreatif untuk mendorong meningkatnya luaran riset Unand.

Marzuki mengatakan bahwa peringkat SINTA merupakan indikator kinerja publikasi ilmiah di Indonesia. Peringkat ini sangat dinamis, karena semua perguruan tinggi akan memasukkan datanya ke Sinta.

"Walaupun akan terjadi pergeseran, harapan kita Unand bisa tetap bertahan dalam peringkat sepuluh besar," ujarnya.

Marzuki mengatakan bahwa tahun ini LPPM Unand akan mendorong peningkatan atmosfer riset di departemen. Selain peningkatan jumlah proposal riset, LPPM juga akan melakukan kegiatan pendampingan penulisan artikel untuk diterbitkan di jurnal internasional secara bergantian di setiap fakultas.

Bagi dosen yang tidak mendapatkan pendanaan riset, LPPM akan memberikan bantuan biaya APC untuk publikasi.

"Harapannya, jumlah publikasi kita dan luaran riset lainnya dapat meningkat secara eksponensial," pungkasnya. WH


0 Comments