Suasana pelantikan Sekretaris Unand dan Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) serta sejumlah pejabat sektoral kampus tersebut, Jumat (19/1) di Convention Hall Unand. Ist

PADANG- - Rektor Universitas Andalas (Unand), Efa Yonnedi melantik Sekretaris Unand dan Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) serta sejumlah pejabat sektoral kampus tersebut, Jumat (19/1) di Convention Hall Unand.

Adapun Sekretaris Unand yang baru kini dijabat oleh Aidinil Zetra, menggantikan pejabat lama yang sebelumnya dijabat oleh Henmaidi. Sedangkan untuk Dekan FMIPA kini dijabat oleh Mahdhivan Syafwan menggantikan Prof. Syukri Arief.

Dalam sambutannya, Rektor Efa Yonnedi mengatakan bahwa pelantikan ini merupakan bagian dari langkah kerja dalam transformasi Unand ke depan.

"Dalam lima tahun ke depan, kita mengharapkan Unand akan menjadi pusat pembelajaran yang berkualitas tinggi dan berstandar internasional," kata Efa.

Adapun fokus utama Unand saat ini, kata rektor adalah pada internasionalisasi, reformasi kurikulum, dan peningkatan kapasitas serta inovasi dosen untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih baik.

"Pembelajaran digital juga akan diperluas," katanya.

Dalam sambutannya, rektor juga menekankan langkah Unand menjadi lembaga riset dan inovasi yang responsif terhadap kebutuhan masyarakat dan pasar global.

"Melalui skema riset terpadu, kolaborasi dengan lembaga, dan riset multidisiplin berbasis klaster, Unand diharapkan mampu menjadi pusat pengetahuan yang inovatif," katanya.

Efa juga menyebutkan bagaimana kedepannya Unand aktif dalam berbagai program-program pemberdayaan masyarakat, penerapan Iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi) di lingkungan kampus, serta aplikasi kewirausahaan sosial.

Selain itu, dalam aspek tata kelola, Unand akan melakukan transformasi struktur organisasi, implementasi sistem informasi terintegrasi, dan penguatan sistem manajemen kinerja dan keuangan.

"Pengembangan sumber daya manusia juga akan diperkuat melalui blueprint pengembangan SDM, talent pool SDM, dan program pengembangan eksekutif," ulasnya.

Dia juga menekankan bagaimana Unand terus berinovasi dalam segala aspek kehidupan kampus, yang meliputi pengembangan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat, pemanfaatan teknologi informasi yang canggih, serta pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

"Dengan berinovasi kita dapat menghadapi tantangan dan perubahan zaman yang semakin kompleks," kata Efa.

Dia juga berharap kepada pejabat yang dilantik agar bisa sukses memegang amanah, kolaboratif dan sinergis.

Selain Sekretaris Unand dan Dekan FMIPA, Efa juga melantik sejumlah pejabat di lingkungan kampus, yaitu:

Suryati sebagai Manajer Sumber Daya Manusia, Teknologi Informasi, Kerjasama, dan Hubungan Alumni Fakultas Farmasi

Sawirman sebagai Kepala UPT Pusat Bahasa

Yori Yuliandra sebagai Kepala UPT Perpustakaan

Yulia Eka Putri sebagai Kepala UPT Laboratorium Sentral

Jonrinaldi sebagai Kepala UPT Pembelajaran di Luar Kampus

Nofialdi sebagai Kepala UPT Kewirausahaan dan Karier

Hasanuddin sebagai Kepala UPT Lembaga Sertifikasi Profesi

Kepala Subdirektorat Hilirisasi dan Komersialisasi Hasil Riset Direktorat Kerja Sama dan Hilirisasi

Kepala Subdirektorat Pengembangan Kreativitas Mahasiswa Direktorat Kemahasiswaan

Kepala Kantor Sekretariat Fakultas Peternakan

Kepala Seksi Administrasi Umum Fakultas MIPA

Kepala Seksi Umum dan Sumber Daya Sekolah Pascasarjana

Kepala Seksi Data dan Informasi Pendidikan Direktorat Pendidikan dan Pembelajaran

Kepala Seksi Layanan Sistem Informasi dan Layanan Teknologi Informasi Direktorat Teknologi Informasi

Kepala Seksi Tata Usaha Pengelola Kampus Di Luar Kampus Utama Sekretariat Universitas

Kepala Seksi Rumah Tangga Direktorat Umum dan Pengelolaan Aset.

Pelantikan ini dihadiri oleh para Wakil Rektor, Dekan, Ketua Lembaga, Kepala Biro, dan pejabat lainnya di lingkungan Unand. WH

0 Comments