Kepsek SMK SMAK Padang Beberkan Prestasi Sekolah yang Dia Pimpin pada Tim Kemenperin RI

 

Suasana penyambutan kedatangan tim Kemenperin RI di SMK SMAK Padang. Ist

PADANG-Dalam rangka meningkatkan SDM industri di Kota Padang, Jajaran Kementerian Perindustrian RI berkunjung ke sejumlah satuan kerja (Satker) Kemenperin, Selasa (4/7).

Satker yang dikunjungi  yaitu BSPJI Padang, SMK SMAK Padang, Politeknik ATI Padang, BDI Padang dan SMK SMTI Padang.

Di SMK SMAK Padang, kedatangan jajaran Kemenperin itu disambut Kepala Sekolah Nasir, bersama pegawai serta jajarannya di halaman kantor SMK SMAK Padang Jalan Alai Pauh Kecamatan Pauh.

Kepala SMK SMAK Padang Nasir, mengatakan kedatangan dari kunjungan kerja Sekjen, Irjen dan Kepala BPSDMI ini mengunjungi kelima satuan kerja (Satker) Kemenperin yang ada di Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat.

"Kami gembira atas kunjungan ini. Kita sangat bangga sekali bahwa SMK SMAK Padang dikunjungi oleh orang-orang penting Kemenperin. Tentu hal ini yang kita harapkan, perhatian dari Sekjen, Irjen dan Kepala BPSDMI guna memberikan motivasi terhadap SMK SMAK Padang, sebagai salah satu sekolah kebanggaan Sumatera Barat, yang mencetak generasi muda handal di bidang Analis Kimia yang bekerja di dunia Industri,” katanya dihadapan Pelaksana Tugas (PLT) Sekretaris Jenderal, Putu Juli Ardika, Inspektur Jenderal, M. Rum dan Kepala BPSDMI Kementerian Perindustrian, Masrokhan. 

Turut dalam rombongan  tujuh Pejabat Eselon II di lingkungan Kementerian Perindustrian. 

Saat sesi ramah tamah, Nasir menyampaikan prestasi-prestasi yang telah diraih oleh SMK SMAK Padang. Di antaranya terpilih menjadi Top 99 Inovasi pada SINOVIK, Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN dan RB. SMK SMAK Padang berhasil menyingkirkan 3379 peserta lainnya. 

Inovasi yang diangkat pada kompetisi tersebut adalah hasil inovasi siswa SMK SMAK Padang bersama Guru Pembimbingnya dan telah dipatenkan yaitu POC Darsa Rupawan, singkatan dari Pupuk Organik Cair Rumah Potong Hewan, yang berbahan dasar limbah dari darah sapi, yang juga sudah dipatenkan dengan nomor: IDP000046551, terang Nasir.

Pada waktu yang sama dengan kunjungan kerja ini, SMK SMAK Padang tengah mengadakan beberapa program secara paralel yaitu Penerimaan Rapor Siswa Tahun Pelajaran 2022/2023, Pelatihan Achievement Motivation Training dan Donor Darah yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Padang.

Setelah temu ramah di ruangan Kepala SMK SMAK Padang, rombongan diajak melaksanakan sholat zuhur berjamaah di Mushola SMAKPA. Setelah itu rombongan diajak mengunjungi UKS SMAKPA yang sedang mengadakan program donor darah. 

SMK SMAK Padang mendapat apreasi atas kegiatan ini serta tanggapan positif atas seluruh prestasi SMAK Padang dari Sekjen, Irjen dan Kepala BPSDMI kemenperin. 

Kepala BPSDMI, Masrokhan berharap SMK SMAK Padang harus mampu menjadi contoh dan tujuan bagi SMK yang ada di Indonesia khususnya SMK dan SMA di Sumatera Barat. Oleh sebab itu dengan banyaknya prestasi yang diraihnya SMK-SMAKPA sehingga dapat menjadi energi yang baru. 

SMK-SMAKPA merupakan sekolah yang mencetak SDM Industri berdaya saing, tentu kualitasnya makin ditingkatkan baik rekrutmennya maupun kurikulumnya serta tingkatkan inovasi baru guna mewujudkan tagline BPSDMI yakni One Unit Vocational, One Great Achievement.

Di kesempatan yang sama, PLT Sekjen Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika mengakui keunggulan SMK SMAK Padang yang penuh prestasi. Siswa setelah tamat sangat dibutuhkan oleh Industri baik dalam negeri maupun di luar negeri.

Lalu M Rum selaku Inspektur Jenderal Kemenperin mengakui kelebihan SMK SMAK Padang sudah memiliki WBK dan WBBM. Namun SMAK Padang harus terus berupaya menghasilkan inovasi baru supaya kualitas SMAK Pasang semakin meningkat sehingga siswanya terserap bekerja di Industri. 

"Tentu kerja keras semua bidang yang ada di SMK SMAKPA saling bahu membahu sehingga tercapai misi pendidikan di SMK SMAK Padang," pungkasnya. YL 


 


0 Comments