UPI YPTK Padang Latih Guru PAUD Gunakan Aplikasi Hijaiyah dan Sekolah Berbasis Teknologi 

Foto bersama Tim PKM UPI YPK Padang dengan guru dan murid PAUD Mutatahirin. Ist

PADANG-Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang, mengadakan  pengabdian masyarakat di Paud Mutathahirin. Pengabdian itu merupakan Tri Dharma perguruan tinggi, yang diselenggarakan oleh pada pendidik.

Pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dosen-dosen dari Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang di bagi menjadi 2 sesi.

Sesi pertama, mengusung tema Pelatihan Penggunaan Aplikasi Android Huruf Hijaiyah di Paud Mutathahirin. Aplikasi ini merupakan salah satu hasil penelitian yang dibuat oleh dosen Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang. 

"Tujuan dari PKM ini yaitu mensosialisasikan cara penggunaan aplikasi pembelajaran huruf hijaiyah berbasis android, sehingga membuat pembelajaran huruf hijaiyah menjadi semakin menarik bagi siswa," salah seorang dosen tim PKM UPI YPTK Padang, Rini Sovia, Rabu (5/7).

Dijelaskannya, pemakaian media pembelajaran dalam proses pembelajaran diharapkan dapat membangkitkan keinginan dan minat belajar siswa, membangkitkan motivasi dalam kegiatan belajar, dan memberikan suasana baru dalam proses pembelajaran.

Kegiatan PKM ini diikuti oleh guru-guru yang mengajar di Paud Mutathahirin. Pada sesi pertama ini dibawakan oleh  Rini Sovia, Maha Rani, dan Ricki Ardiansyah membagikan installer aplikasi yang akan digunakan. 

Selanjutnya guru-guru Paud Mutathahirin diberikan materi tentang aplikasi pembelajaran huruf hijaiyah serta cara penggunaannya. Setelah pemberian materi selesai maka dilanjutkan dengan sesi praktek penggunaan aplikasi. 

Diakhir kegiatan dilakukan evaluasi untuk melihat apakah peserta sudah memahami materi yang diberikan.

Sesi kedua dari kegiatan PKM ini dibawakan oleh Dinda Djesmedi, Hari Marfalino dan Mellya Rindhani. Di sesi kedua ini tim pkm Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang membawakan tema Sosialisasi Sekolah Ramah Anak Berbasis Teknologi. 

Pada sesi ini tim PKM memberikan pelatihan tentang mengintegrasikan teknologi sebagai perangkat pendukung pembelajaran dan serta interaksi sosial bagi guru dan murid. Pemberian materi ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan eksplorasi baik guru maupun murid. 

Selain menggunakan teknologi, tim PKM juga memberikan sosialisasi bagaimana membangun lingkungan yang aman dan nyaman akan membantu anak merasakan nyaman disekolah. Jadi apabila lingkungan sekolah nyaman, anak anak pasti merasa senang disekolah, apalagi ditambah dengan fasilitas berbasis teknologi, pasti lebih meningkatkan minat anak untuk sekolah.

“Dari kegiatan PKM yang kami berikan ini, kami harapkan dapat mempermudah dan memberikan suasana baru bagi bapak ibu dan siswa dalam proses belajar mengajar. Sehingga proses pembelajaran menjadi semakin menarik dan meningkatkan keinginan dan minat belajar adek-adek siswa Paud Mutathahirin," pungkas Rini Sovia. YL

0 Comments