Pintu Masuk Lokasi PENAS TANI Ada di Tiga Titik, Cek Lokasinya

 

Lokasi pertanian. Dok Kitapunya

PADANG-Pekan Nasional (PENAS) Petani Nelayan Indonesia yang ke 16 tahun 2023 berlangsung di Padang, Sumatera Barat. Lokasi tepatnya berada di kawasan lapangan udara Tabing (Lanud) Padang atau dibekas Bandara Tabing Padang atau tempat pacuan kuda Tunggul Hitam. 

Luas kawasan PENAS TANI sekitar 16 Hektare. Di kawasan itu dibuat beragam sarana prasana untuk lahan pertanian, perikanan, pertanian dan lainnya.

Untuk masuk ke kawasan tersebut ada tiga jalur pintu masuk. Pertama, pengunjung bisa masuk dari depan gerbang kawasan Angkatan Udara di Tabing. Jalur itu merupakan jalur VVIP ketika Presiden RI, Joko Widodo datang untuk membuka kegiatan PENAS TANI yang akan berlangsung Sabtu 10 Juni 2023.

Jalur VVIP itu juga jalan masuk bagi para pejabat lainnya. Jalur kedua, pengunjung bisa masuk dari gerbang bekas pintu masuk Bandara Tabing lama atau tidak jauh dari SD Angkasa Pura Tabing. Di jalur itu siapa saja bisa masuk ke lokasi PENAS TANI.

Jalur ketiga, pengunjung bisa masuk dari Simpang Tunggul Hitam lurus sekitar 600 Meter. Tepatnya jalur kiri dari Simpang Tunggul Hitam setelah Pemakaman TPU Tunggul Hitam Padang atau dengan menelusuri pagar AU yang mengarah ke lokasi pacuan kuda Tunggul Hitam. 

Lahan pertanian. Dok Kitapunya

Setiba di lokasi pengunjung bisa langsung masuk tanpa harus membayar tiket masuk. Di lokasi itu masyarakat bisa belajar dan bertanya tentang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan lainnya kepada setiap penjaga lahan di kawasan itu. 

Di kawasan PENAS TANI juga dipamerkan aneka teknologi terkini dibidang petanian, peternakan, perikanan dan lainnya. Salah satu teknologi terbaru yang dipamerkan adalah pabrik minyak goreng mini milik Kementerian Pertanian. Di sana masyarakat bisa menyaksikan pengolahan minyak dari awal. Mulai dari pengolahan minyak, pengemasan hingga pemasaran. 

Di PENAS TANI, masyarakat juga bisa mendapatkan ilmu terbaru tentang aneka cara tanam dari petani atau petugas yang menjaga stand. Sehingga memberi manfaat bagi masyarakat sebagai pengunjung.

Sekdaprov Sumbar, Hansastri, mengatakan jelang hari H pembukaan PENAS TANI, pada 10 Juni 2023, persiapan makin matang. Menurut rencana pembukaan PENAS TANI akan dilakukan oleh Presiden RI, Joko Widodo sedangkan penutupan akan dilakukan Wapres Ma'ruf Amin. 

Sebagaimana diketahui PENAS TANI adalah ajang berkumpul dan bersilahturahmi bagi para kontak tani, nelayan dan petani hutan untuk saling memperlihatkan pencapaiannya selaku pelaku utama dalam pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan.

Peserta PENAS TANI ke 16 tahun 2023 mencapai 40 ribu orang. Mereka datang dari berbagai provinsi di Indonesia. PENAS TANI digelar sekali tiga tahun. Tahun sebelumnya PENAS TANI berlangsung di Aceh. PENAS TANI akan berlangsung dari 10 hingga 15 Juni. Bagi masyarakat yang ingin mendapat ilmu tentang pertanian, perkebunan hingga peternakan terbaru bisa datang ke lokasi. Jangan sampai acara telah usai baru datang ke sana. YL




0 Comments