15 Titik Jalan Rusak Parah di Lembah Anai Putus Total akibat Banjir Bandang!

 


Penampakan salah satu jalan nasional yang rusak akibat longsor. Ist
LEMBAH ANAI - Banjir bandang yang melanda Lembah Anai pada Minggu (12/5) dini hari menyebabkan kerusakan parah pada 15 titik di ruas jalan nasional. 

Satu di antaranya bahkan putus total terbawa arus Batang Anai yang mengamuk.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sumbar, Thabrani, yang langsung turun ke lokasi meninjau kerusakan, mengatakan bahwa pihaknya masih mendata secara lengkap untuk menentukan perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk perbaikan.

"Hari ini kami data lengkap dulu, besok kita info tentang waktu yang diperlukan untuk perbaikan," kata Thabrani.

Akibat kerusakan ini, akses darat dari Padang ke Bukittinggi terputus total. Pengendara diimbau untuk menggunakan jalur alternatif melalui Kelok 44 atau Sitinjau Lauik.

Banjir bandang di Lembah Anai juga menyebabkan kerusakan pada berbagai fasilitas umum dan kafe di sepanjang jalan. Bupati Tanah Datar, Eka Putra, mengatakan bahwa pihaknya telah memberikan peringatan kepada para pemilik kafe untuk membongkar bangunan mereka karena berada di daerah rawan bencana. Namun, peringatan tersebut tidak diindahkan dan akhirnya bencana pun terjadi.

Thabrani menegaskan bahwa perbaikan jalan nasional di Lembah Anai akan segera dilakukan karena merupakan urat nadi ekonomi Sumbar.



0 Comments