Jalan Lembah Anai Rusak Parah, Nevi Zuairina Minta Pemerintah Bertindak Cepat

 

Anggota DPR RI, Hj. Nevi Zuairina. 

JAKARTA- Anggota Komisi VI DPR RI Hj Nevi Zuairina begitu tahu dahsyatnya dampak bencana di Sumbar, tidak tinggal diam.

"Begitu kejadian dan tahu Jalan Lembah Anai putus total karena digerus banjir bandang, siangnya langsung menghubungi Fraksi PKS di Komisi V membidangi infrastruktur,"ujar Hj Nevi Zuairina Rabu 15/5-2024.

Tidak cukup itu saja, Hj Nevi juga minta pemerintah pusat untuk turun segera perbaiki darurat Jalan putus di Lembah Anai itu.

"Secara ekonomis dan efektifitas mobilitas orang dan barang, ruas Padang-Bukitinggi via Lembah Anai masih primadona arus barang dan orang, dibandingkan melewati Malalak atau Sitinjau Lauik,"uang Hj Nevi.

Bahkan komunikasi dengan Anggota Komisi V DPR dari PKS, via whatsapp Hj Nevi minta bantu pulihkan  tyas Lembah Anai.

"Saya mohon waktu supaya Gubernur Sumbar bisa bertemu Komisi V DPR RI, minta tolong ada tindakan urgensi perbaiki ruas jalan purus tersebut," ujar Hj Nevi.

Ruas Lembah Anai itu legendaris dulu ada hamparan tanah tapi karena ada mungkin alih status, pinggir kanan sepanjang Lembah Anai banya aneka bangunan yang tidak diperuntukan untuk itu, dan karena banhir bandang Sabtu malam itu semua porak poranda, termasuk memutus jalan.

"Ya manusia tidak mampu melarang bangunan-bangunan yang berdiri itu, akhirnya alam yang menghancurkan untuk menuntut hak alam itu sendiri," ujar Hj Nevi.

Tidak salah masyarakar sebenarnya bisa saja pemerintah kurang kontrol dan tidak ada penegakan hukum, masyarakat jadi leluasa merajalela membangun di kawasan-kawasan hutan lindung di Sumbar.

"Dampak nya apa, kerugian besar saat ini terjadi jalur legendaris Lembah Anai tak bisa lagi dilewati. Saya minta ada tindakan urgensi pemerintah untuk menyiapkan cepat jalan darurat sehingga Lembah Anai bisa dilewati kendaraan kembali," ujar Hj Nevi.(***)

0 Comments