Car Free Day 2024 Dilaunching, Pemprov Sumbar Beri Peluang Bagi UMKM

ar Free Day 2024 Dilaunching, Gubernur Ajak Masyarakat Banjuang 


Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Mifrizon memberikan keterangan terkait Car Free Day 2024. Ist
PADANG-Car Free Day (CFD) sempat terhenti selama dua Minggu, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) kembali melaunching kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) pada 21 Januari 2024. 

"Car Free Day sempat terhenti selama dua minggu berturut-turut. Makanya kami dari pemerintah provinsi kembali melaunching CFD, agar masyarakat kembali ingat dan kembali berpartisipasi melaksanakan olahraga setiap minggu pagi bersama keluarga," kata Kepala Dispora Sumbar, Maifrizon dalam rapat persiapan Launching Car Free Dayar 2024 di Auditorium Gubernuran, Rabu (10/12/2023).

Dijelaskannya, CFD terhenti selama dua minggu sebagai ajang evaluasi perbaikan pelaksanaan selama 2023. Harapannya CFD 2024 jauh lebih berdampak besar bagi kesehatan dan kebugaran masyarakat Sumbar secara umum dan Padang secara khusus. Sebab, CFD menjadi suatu kebutuhan masyarakat, agar sehat dan bugar.

Car Free Day 2024 mengusung tema "Ayoo Urang Awak Berolahraga". Dalam launching tersebut akan digelar makan "Balanjuang" bersama Gubernur Sumatera Barat, di sepanjang jalan Jenderal Sudirman dan Rasuna Said Padang. 

"Nanti kita akan sediakan lokasi sepanjang 10 meter tempat makan balanjuang. Untuk menu makan balanjuang tersebut akan sediakan dengan melibatkan masing-masing OPD di lingkup Pemprov Sumbar," kata Maifrizon pada rapat itu. 

Menurut Maifrizon, selain berolahraga, masyarakat juga menikmati aneka kuliner yang dijajakan para UMKM. Mengingat UMKM sebagai penggerak ekonomi di tengah masyarakat.

Apalagi tambah Maifrizon, jumlah masyarakat yang melakukan olahraga saat CFD mencapai 6 hingga 8 ribu orang setiap minggu.

"Setelah berolahraga, masyarakat kita bisa berbelanja dan berburu kuliner," sebutnya.

Tidak hanya menjual kuliner beberapa UMKM lain juga menjual kebutuhan harian seperti sembako. 

"Pelaksanaan CFD kami berkoordinasi dengan OPD terkait.Seperti dinas perdagangan, jadi pedagang sembako dan lainnya juga dijual saat CFD. Sehingga perputaran ekonomi makin meningkat setiap minggunya," terangnya. 

CFD di mulai dari jam 06.00 wib hingga 10.00 wib. Pada jam itu kawasan Sudirman hingga Rasuna Said ditutup. Di setiap persimpangan akan ada puluhan petugas yang menjaga, sehingga masyarakat lebih aman dan leuasa berolahraga. Mereka terdiri dari Polri, TNI, dishub, pol PP hingga dinas kesehatan.

Sementara, Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Rasyidi Sumetry, mengatakan saat launching Car Free Day, juga tersedia posko layanan kesehatan gratis.

"Kami juga menyediakan posko layanan pemeriksaan kesehatan gratis. Masyarakat bisa memeriksakan kesehatan dan menyampaikan keluha kesehatan pada petugas di posko yang tersedia," katanya. YL

0 Comments