Antisipasi Dampak Erupsi Marapi, BPBD Agam Bagi-bagi Masker untuk Murid Sekolah Dasar

Seorang anggota TNI memasangkan masker pada murid SD di Jorong Batang Silasiah, Nagari Sungai Pua, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam.  Dok  Kitapunya
AGAM-BPBD Agam membagikan masker kepada puluhan murid Sekolah Dasar di Jorong Batang Silasiah, Nagari Sungai Pua, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Selasa (11/1/2024).

Pembagian masker ini dilakukan menyusul meningkatnya status Gunung Marapi dari waspada (level II) menjadi siaga (level III). Status siaga ini membuat ancaman penyebaran abu vulkanik meningkat.

Jorong Batang Silasiah merupakan salah satu daerah yang berada di garis merah rawan bencana Marapi. Jorong ini juga mendekati radius aman yang direkomendasikan oleh PVMBG, yaitu 4,5 kilometer. Namun, Jorong Batang Silasiah berada pada jarak 4,6 kilometer dari puncak kawah.

Ichwan, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Agam, mengatakan bahwa pembagian masker ini dilakukan untuk melindungi kesehatan para murid.

“Masker ini untuk melindungi kesehatan para murid dari dampak abu vulkanik,” kata Ichwan.

Selain membagikan masker, BPBD Agam juga mengimbau kepada masyarakat di sekitar Gunung Marapi untuk selalu waspada dan siap siaga menghadapi kemungkinan terjadinya erupsi.

“Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siap siaga menghadapi kemungkinan terjadinya erupsi,” kata Ichwan. DC

0 Comments