Belasan Jurnalis Muda MAN 1 Bukittinggi "geruduk" Pos Pemantau Marapi


Bukittinggi, Kitapunya.id
- Belasan siswa ekstra kurikuler Jurnalistik MAN 1 Bukittinggi lakukan praktek lapangan di kantor Pos Pengamat Gunung Api Marapi Belakang Balok Bukittinggi, Jumat 26/1.


Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk praktek dari teori yang sudah dipelajari satu semester yang lalu tentang bagaimana Jurnalisme itu bekerja dalam memverifikasi informasi sekaligus dasar dari bagaimana wawancara itu dilakukan. 


Pembina Ekstrakurikuler Mulyani mengatakan, ini berguna untuk membuka paradigma siswa tentang jurnalistik dan apalagi ini tentang gunung Marapi yang sedang erupsi saat ini. " Ini baik untuk anak kita agar lebih paham tentang gunung api dan jurnalistik", ujarnya.


Ketua pos pemantau Marapi, Ahmad Rifandi juga mengatakan bahwa ini kali pertama kunjungan siswa SLTA di tahun ini dan ini juga penting sebagai salah satu bentuk sosialisasi kami (PVMBG) agar informasi hoax seputar Marapi bisa di minimalisir di kalangan remaja. " kami berterima kasih atas kunjungannya, ini juga bentuk sosialisasi kami tentang gunung Marapi", ungkap Ahmad Rifandi di pos pemantau Marapi.


Dalam kunjungan ini, 13 dari 31 siswa ekskul Jurnalistik hadir dan melakukan liputan langsung di pos tersebut. Sembari mempelajari gunung marapi, siswa ini juga di perkenalkan dengan sejumlah alat alat perekam aktifitas vulkanik Marapi seperti seismograf dan lainnya.

Gunung Marapi hingga saat ini berstatus Siaga atau Level III dengan radius aman 4,5 kilometer dari puncak kawahnya. DC



0 Comments