Sumbar Targetkan Kunjungan Wisata Melonjak 20 Persen

Gunung Marapi berdiri tegak dengan megah. Dok Kitapunya
PADANG-Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menargetkan kunjungan wisatawan pada tahun 2024 sebanyak 13,5 juta orang. Target tersebut meningkat 20 persen dari target tahun sebelumnya yang hanya sebanyak 8,2 juta orang.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, mengaku optimistis pihaknya akan mampu mencapai target tersebut. Hal itu didukung dengan realisasi target kunjungan wisatawan tahun 2023 yang mencapai 11,2 juta orang atau 137 persen lebih dari target.

"Untuk mencapai target tersebut, kita telah menyiapkan berbagai strategi, salah satunya dengan meluncurkan kalender event atau agenda pariwisata yang akan diselenggarakan selama tahun 2024. Jumlahnya lebih kurang ada 78 event," kata Mahyeldi.

Selain itu, Pemprov Sumbar juga akan aktif mencari peluang untuk membawa sejumlah agenda nasional ke Sumbar. Hal itu dinilai akan berpengaruh signifikan untuk mendongkrak angka kunjungan wisata.

"Sumbar terbukti sukses menjadi tuan rumah sejumlah event nasional dan internasional dengan peserta ribuan orang pada tahun 2023 lalu. Itu modal kita untuk membawa event tingkat nasional dan internasional ke Sumbar pada tahun 2024 ini," kata Mahyeldi.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda, mengatakan peningkatan target kunjungan wisatawan itu juga sejalan dengan meningkatnya minat wisatawan untuk berkunjung ke Sumbar. Hal itu terlihat dari jumlah kunjungan wisatawan yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

"Pada tahun 2022, kunjungan wisatawan ke Sumbar mencapai 7,2 juta orang. Kemudian pada tahun 2023 meningkat menjadi 11,2 juta orang. Kami optimis target kunjungan wisatawan tahun 2024 sebesar 13,5 juta orang dapat tercapai," kata Luhur.

Untuk mensukseskan harapan tersebut, Dinas Pariwisata Sumbar telah menerima sebanyak 131 usulan event dari kabupaten/kota di Sumbar. Dari usulan tersebut, pihaknya telah menetapkan 78 event yang akan diselenggarakan selama tahun 2024.

"Selain itu, kami juga telah mengubah skema penghitungan jumlah kunjungan wisatawan, dari yang awalnya manual menjadi berbasis aplikasi. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan data kunjungan wisatawan yang lebih akurat," kata Luhur.

Perubahan skema penghitungan jumlah kunjungan wisatawan tersebut dilakukan dengan menggandeng PT. Telkomsel dengan membuat aplikasi PETA Sumbar. Aplikasi tersebut akan melacak pergerakan orang di Sumbar, sehingga jumlah kunjungan wisatawan dapat dihitung secara akurat.

Dengan berbagai strategi yang telah disiapkan, Pemprov Sumbar optimis target kunjungan wisatawan tahun 2024 sebesar 13,5 juta orang dapat tercapai. YL


0 Comments