RAT Koperasi Anak Nagari Minangkabau Tahun 2023 Berlangsung Sukses, Anggota Bertekad Maju dan Terus Naik Kelas

Ketua Kopas Anam, Ir. Fibrianti Takarina, MT, menerima bantuan  hibah dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui dana pokir Anggota DPRD Sumbar . H. Dody Delfi, SE berupa peralatan kantor dan peralatan galery toko oleh-oleh. 

PADANG-Koperasi Anak Nagari Minangkabau Kopas Anam menyelenggarakan Rapat Anggaran Tahunan (RAT) ke-2 Selasa 23 Januari 2023 di Kantor Diklat Ulak Karang Padang, berlangsung sukses. 

Ketua Kopas Anam, Ir. Fibrianti Takarina, MT, mengatakan RAT memegang peran penting dalam kehidupan berkoperasi, karena selain pemegang kekuasaan tertinggi juga sebagai pencerminan dari pelaksanaan demokrasi, transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan koperasi.

"RAT wajib dilaksanakan oleh koperasi. Sekurang-kurangnya satu kali dalam satu tahun. RAT jadi salah satu indikator dalam menilai kinerja koperasi," kata Fibrianti. 

Disebutkannya, dalam RAT disampaikan laporan pertanggungjawaban pengurus atas pelaksana dan pengelolaan kegiatan dan usaha koperasi dalam tahun buku 2023. 

Laporan pertanggungjawaban pengawas atas pengawasan terhadap pengelolaan kegiatan dan usaha koperasi dalam buku 2023. Ada juga rencana kerja dan rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi. 

Disebutkannya, tujuan RAT disesuaikan dengan amanat UU No 25 tahun 1992 tentang perkoperasian dan anggaran dasar Kopas Anam, laporan pertanggungjawab pengurus tahun buku 2023. RAT juga sebagai pertanggungjawaban pengurus kepada anggota atas jalannya organiasi, usaha dan keuangan Kopas Anam selama tahun buku 2023, untuk dibahas dan atau disetujui serta disahkan oleh anggota. 

Foto bersama anggota Kopas Anam setelah RAT tahun 2023. 

"Anggota Kopas Anam saat ini ada 44 orang. Mereka pelaku UMKM yang bergerak dalam berbagai bidang. Seperti kuliner, fashion, kriya, jasa, pariwisata dan budaya. Insyaallah kami terus berkembang dan maju hingga terus naik kelas," terang Fibrina yang juga Owner Rendang Mutiara Payakumbuh dengan pemasaran skala internasional.

Menurutnya, selama 2023 telah banyak kegiatan yang diikuti oleh anggota Kopas Anam. Mulai dari pendidikan dan pelatihan yang berfungsi untuk menambah skill masing-masing anggota. Anggota Kopas Anam juga telah banyak menjali kerjasama dengan koperasi Bank Nagari, Budiman, Aciak Mart dalam memasarkan produk.

Belum lama ini Kopas Anam juga  bekerjasama dengan BCA dalam membinan sertifikat halal, pojok UMKM di Kanto Cabang Utama Jalan Sawahan Padang.

Dalam RAT ke -2 itu seluruh anggota Kopas Anam bertekad terus maju dan berkembang hingga masing-masing usaha anggota berjalan sukses dan lancar. Harapannya, perekonomian anggota meningkat sesuai harapan. 

Kepala Dinas Koperasi Sumbar,Endrizal mengapresiasi Kopas Anam yang melaksanakan RAT  tahun buku 2023. 

"Kami ucapkan selama kepada seluruh anggota Kopas Anam yang menjalankan RAT. Kopas Anam harus jadi inisiator bagi koperasi lainnya di Sumbar. Harapan pemasaran produk UMKM yang ada di Kopas Anam terus meningkat diskala internasional," ujarnya. 

Dalam RAT itu juga dilakukan penyerahan bantuan hibah dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat kepada Kopas Anam melalui dana pokir Anggota DPRD Sumbar . H. Dody Delfi, SE berupa peralatan kantor dan peralatan galery toko oleh-oleh.

RAT turut dihadir, Kepala Dinas Koperasi & UKM Sumbar Endrizal, SE, M.Si, Anggota Komisi III DPRD Sumbar H. Dody Delvy, SE,  Kabid Pemberdayaan Diskop Sumbar Junaidi, S. Kom, MMKabid Kelembagaan Saunida Agusti, SE. Ketua Dekopinwil, Kabid UKM Diskop Sumbar, Hilma Damanhuri Djalil, Kepala Pos Cabang Padang diwakilkan oleh Murni, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumbar Rina Pangeran, SE, MBA, PT. Roove, Yohan Wibisono, Pimpinan KCU BCA diwakilkan oleh Lukman.

0 Comments