Update Ilmu Terbaru, PIB ke-23 Ilmu Penyakit Dalam RSUP M.Djamil Padang Berjalan Sukses

Dekan FK Unand,  Dr. dr. Afriwardi, SH, SpKO, MH, memukul gong sebagai tanda dimulainya PIB ke 23Ilmu Penyakit DalamRSUPM.Djamil Padang dan FK Unand,Sabtu (27/5). dok kitapunya

PADANG-Angka kesakitan dan kematian di bidang penyakit dalam di Indonesia terus meningkat setiap tahun. Kondisi itu mengharuskan para dokter umum dan spesialis penyakit dalam meningkatan pelayanaan komprehensif dan berkualitas kepada para pasien. 

"PIB tahun 2023 merupakan kegiatan yang ke 23 kalinya. PIB dilakukan secara hybrid. Ada online dan ada yang offline,"terang dr. Eifel kepada wartawan usai pembukaan PIB Sabtu (27/5) di salah satu hotel berbintang di Padang.

Disebutkannya, pertemuan secara online dapat memudahkan para dokter yang bertugas di daerah pelosok, tanpa harus datang ke lokasi mengingat jarak dan waktu. Apalagi selama pandemi Covid-19 pertemuan online melalui zoom metting sangat membantu hingga akhirnya pertemuan online terus berlangsung dilaksanakan saat situasi telah normal kembali.

"Ilmu yang diupdate diantaranya soal vaksin. Sebab sampai saat ini masih banyak masyarakat yang belum paham tetantang vaksin. Kemudian penangan pasien diabetes dengan angka yang terus naik.Penyakit hipertensi sekarang juga banyak dimasyarakat. Ini penyakit regeneratif karena pola hidup tak sehat," terang Eifel.

Diterangkan Eifel, PIB adalah salah satu usaha untuk meningkatkan mutu pelayanan dan pendidikan serta dapat dijadikan sarana untuk berbagi pengalaman diantara narasumber dan peserta pada pertemuan ini. Dimana sasaran utama PIB adalah para dokter umum yang menjadi ujung tombak pelayanan di masyarakat.  Peserta PBI berkisar 500 orang.

"Harapan kami semoga penyelenggaraan acara ini memberikan dampak dan sambutan yang positif dari para sejawat. Semoga peningkatan ilmu dalam mendiagnosis dan menatalaksana penyakit di bidang ilmu penyakit dalam berdampak terhadap peningkatan kesehatan dimasyarakat," ulasnya.

PIB dilakukan dalam bentuk symposium, workshop dn plenary lencture yang membahas permasalahan terkini dibidang ilmu penyakit dalam dan topik-topik yang akan disampaikan oleh para pakar-pakar terbaik dibidangnya. 

PIB ke 23 Ilmu Penyakit Dalam RSUP M. Djamil dan FK Unand Padang mengusung tema : Tantangan Dokter Penyakit Dalam Modern : Meningkatkan kompetensi dan mutu pelayanan penyakit dalam kepada masyarakat.

0 Comments