Inilah Perempuan Berjasa dan Berprestasi Sumbar Tahun 2023

Foto bersama. |ist
PADANG-Pemerintah provinsi Sumbar memberikan penghargaan kepada perempuan berjasa dan berprestasi di Sumbar tahun 2023. Perempuan berprestasi itu berasal dari 19 kabupaten kota di Sumbar. 

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, dalam sambutannya yang dibacakan Ketua Tim Penggerak PKK Sumbar, Harneli Mahyeldi mengatakan penghargaan perempuan berprestasi dan berjasa itu diinisiasi oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM) dan Kemendagri RI. 

Jumlah penerima penghargaan telah ditetapkan sebanyak 514 orang se Indonesia dan 19 orang dari Sumatera Barat masing-masing 1 (satu) orang per kabupaten/kota sesuai dengan bidangnya.

"Untuk tingkat nasional Sumbar belum berhasil masuk nominasi. Meski demikian kita diprovinsi juga melakukan penilaian dan memberikan penghargaan kepada para perempuan hebat dibidangnya," kata Harneli

Disebutkan Harneli, OASE-KIM merupakan organisasi pemerintah non profit yang diinisiasi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Pendamping Wakil Presiden Ibu Hj. Wury Estu Ma’ruf Amin. organisasi tersebut wadah untuk jejaring komunikasi dan koordinasi sehingga memudahkan seluruh anggotanya untuk secara bersama-sama melakukan serangkaian aktivitas yang berguna bagi masyarakat luas.

Kriteria pemberian penghargaan diklasifikasikan berdasarkan persyaratan umum antara lain: Tidak PNS, tidak istri PNS dan institusi lainnya serta terdiri dari masyarakat yang diakui kegiatannya oleh daerah, dan persyaratan khusus.

Persyaratan khusus adalah bidang pendidikan : 1) Guru yang punya dedikasi tinggi dan 2) penggiat pendidikan masyarakat. Bidang Kesehatan : 1) Tenaga kesehatan yang memiliki komitmen pengabdian tinggi dan 2) relawan kesehatan. BidangSosial Budaya : Relawan sosial yang beraktivitas dalam bentuk peningkatan kualitas hidup perempuan Indonesia.

Kemudian Bidang Lingkungan Hidup : 1) penggiat lingkungan hidup yang berkontribusi dalam pelestarian lingkungan dan 2) orang yang bekerja terkait lingkungan hidup. Bidang Pertanian : penggiat pertanian dan penemu teknologi tepat guna peningkatan dan pengolahan hasil pertanian.

"Ibu-ibu perlu diketahui, bahwa negara saat ini berusaha untuk menurunkan angka stunting begitu juga di Sumatera Barat. Untuk itu, ibu-ibu inspiratif diharapkan menjadi Inspirator dalam menurunkan angka stunting. Selanjutnya juga memperkuat ketahanan keluarga di daerah masing-masing," pinta Harneli.

Sebagai wujud perhatian pemerintah Provinsi Sumatera Barat  memberikan penghargaan kepada perempuan berprestasi berupa piagam dan uang tunai sebesar Rp.3.000.000.

Kepala DP3AP2KB Provinsi Sumatera Barat, Dra. Hj. Gemala Ranti mengatakan pemberian penghargaan kepada perempuan berjasa dan berprestasi tersebut sejalan dengan peringatan Hari Kartini Tahun 2023.

 "Moment ini waktu yang tepat untuk menggalang aksi bersama mendorong kemandirian perempuan inspiratif, tidak hanya kemandirian ekonomi, namun kemandirian di bidang yang lain seperti pendidikan, kesehatan, sosial budaya, pertanian dan lingkungan hidup," sebut Gemala Ranti

Dijelaskannya, alur penetapan kategori dari calon penerima penghargaan Perempuan Berjasa dan Berprestasi di daerah di tentukan oleh OASE KIM dan Ditjen OTDA Kemendagri melalui pertemuan via zoom pada awal Februari 2023. Dan dimulai dari penetapan syarat penerima penghargaan, penyampaian persyaratan, penyampaian data diri dari Provinsi, hingga diverifikasi oleh Ditjen OTDA.

Setelah dilakukan seleksi ketat yang melibatkan Tim Provinsi dan Kabupaten/ Kota perwakilan dari masing-masing OPD terkait maka di putuskan nama Perwakilan Perempuan berjasa dan berprestasi sesuai persyaratan di kirimkan ke Ditjen OTDA Kemendagri selaku tim pusat.

Sedangkan validasi penetapan penerima penghargaan dan perwakilan ditetapkan oleh OASE KIM dan Ditjen OTDA Kemendagri dan Daftar penerima penghargaan dikirimkan ke Gubernur. 

Selanjutnya Pemerintah Provinsi Sumatera Barat juga menetapkan dengan SK Gubernur Sumatera Barat bagi Penerima Penghargaan sebanyak 19 (Sembilan belas) orang sebagai dasar pemberian penghargaan berupa piagam dan uang.

"Penyerahan penghargaan ini tidak akan terselenggara tanpa bantuan banyak pihak, yang telah bersumbangsih tanpa pamrih. Kami juga sampaikan terima kasih kepada bapak/ibu telah menyumbangkan pikiran, waktu dan tenaganya," terang Gemala Ranti.

Berikut nama-nama perempuan berjasa dan berprestasi:

1. Dilla Desfrita Wahyuni asal Kabupaten Pesisir Selatan dengan bidang sosial budaya 

2. Sri Luyanis asal Solok bidang lingkungan hidup 

3. Nova andriyanti Yulita, (Sijunjung, bidang pertanian).

4. Dikasna Ersanti (Tanah Datar, bidang Pendidikan). 

5. Ondani (Padang Pariaman, bidang kesehatan).

6. Malinda Dewi (Agam, bidang sosial budaya).

7. Yanti Maila Sari (Limapuluh Kota, bidang lingkungan hidup).

8. Harlina (Kabupaten Pasaman, bidang pertanian).

9. Margareta (Mentawai, Pendidikan).

10. Misda Mawar (Kabupaten Dharmasraya, kesehatan).

11. Nahda Selpita Alga ((Solok Selatan, sosial budaya).

12. Fitri Endayani (Pasbar, lingkungan hidup).

13. Elma Yenita (Padang,  pertanian).

14. Yurmaini (Kota Solok, pendidikan).

15. Dewi Maaidewati (Sawahlunto, kesehatan).

16. Fauziah Ahmad (Padangpanjang, sosial budaya).

17. Syafrida (Bukittinggi, lingkungan hidup).

18. Maipanis (Payakumbuh, pertanian).

19. Suryana Sari (Kota Pariaman, bidang pendidikan). YL


0 Comments