Jumaidi : Sumbar Rawan Bencana, Pembangunan Balai Besar BNPN Regional Harus Dipercepat

Monday, 10 January 2022 : 18:13
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Jumaidi, didampingi sejumlah kabid saat peninjauan Balai Besar BNPB. Ist


PADANG-Kehadiran Balai Besar Logistik dan Kediklatan BNPB Regional Sumatera disambut baik pihak Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).


Terkait hal ini, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Jumaidi, ligat untuk melakukan koordinasi dengan sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.


"Langkah ini untuk percepatan pembangunan Balai Besar BNPB Regional Sumatera sesuai arahan pimpinan," sebut Jumaidi, Senin (10/1) saat meninjau Balai Besar BNPB itu.


Sesuai arahan Gubernur Sumbar, Mahyeldi, itu tuturnya, koordinasi ini demi percepatan mewujudkan Balai Besar BNPB Regional Sumatera. Apalagi, untuk pembangunan infrastruktur dibutuhkan lahan yang memadai.


Ia berpendapat, Balai Besar BNPB ini sangat besar fungsinya mengingat daerah Sumbar yang rawan bencana. Mulai dari bencana banjir, banjir bandang, longsor, gempa bumi, hingga tsunami.


"Wilayah lain juga menginginkan Balai Besar ini. Jadi kita harus sama-sama mewujudkannya, apalagi Sumbar sangat strategis, letaknya di tengah-tengah pulau Sumatera," jelasnya.


Menurut Jumaidi, pembentukan Balai Besar BNPB Regional Sumatera ini juga didukung penuh Gubernur Sumbar. Dengan harapan penanggulangan bencana di Sumatera, khususnya Sumbar bisa lebih cepat dan efisien.


"Nanti, dalam minggu ini ada Divisi V BNPB akan datang meninjau langsung lokasi Balai Besar ini," tambah Jumaidi.


Dalam rangka persiapan semua ini, Jumaidi didampingi Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (KL), Rumainur, langsung berkoordinasi dengan Kepala Perwakilan UPT BNPB Sumatera, Bambang Warsito.


"Balai Besar ini akan kita siapkan SDM untuk penanggulangan bencana wilayah Sumatera yang memadai dan profesional," tutur Bambang. 


Selain itu, mantan Kepala Dinas Sosial Sumbar ini juga koordinasi langsung ke Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sumbar, guna percepatan penyiapan lahan atau pembangunan Balai Besar BNPB yang diwacanakan.


Kemudian di lokasi berbeda, Kalaksa BPBD Sumbar juga menyambangi Kepala Dinas Pertanian Sumbar, Syafrizal dalam rangka koordinasi terkait persiapan lahan untuk Balai Besar BNPB Regional Sumatera tersebut.


"Kita siap mendukung pembangun Balai Besar BNPB Regional Sumatera ini," ucap Syafrizal saat ditemui di ruangannya.


Diketahui, peralihan status dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) menjadi Balai Besar BNPB Regional Sumatera ini, dicanangkan pembangunan berbagai infrastruktur dan prasarana pendukung.


Pasalnya, Balai Besar BNPB ini nantinya, bukan hanya dikembangkan untuk gudang logistik, tapi juga sebagai pusat pendidikan dan latihan (diklat) kebencanaan untuk memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM).


Sebelumnya, terkait persiapan Balai Besar BNPB ini sudah disetujui dan dikunjungi langsung Sekretaris Utama (Sestama) BNPB, Lilik Kurniawan, Komisi VIII DPR RI, Gubernur Mahyeldi, dan Wagub Sumbar Audy Joinaldy, pada 2021 lalu.


"Balai Besar ini nantinya akan langsung di bawah BNPB, yang sekaligus mendukung secara penuh penanggulangan bencana di Sumatera," jelas Lilik Kurniawan, Sestama BNPB waktu itu. YL/YS




Silahkan Dibagikan
Sebelumnya
Berikutnya

0 comments :

Copyright © 2022 Kita Punya - KitaPunya.id - All Rights Reserved
Teruslah Kunjungi Portal Berita Kita Punya