-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Vaksin Anak Segera Dimulai, Ini Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum dan Sesudah Vaksin

Wednesday, 12 January 2022 | 17:39 WIB Last Updated 2022-01-12T10:39:28Z

 

Vaksinasi anak di Kota Sawahlunto. Ist


PADANG-Program vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun di Sumbar akan dan sudah berjalan. Salah satunya sudah dilaksanakan di Kota Sawahlunto dan segera menyusul kabupaten kota lainnya. 


Banyak orangtua yang risau dan takut anaknya divaksin. Padahal menurut para ahli, vaksinasi merupakan salah satu perlindungan dari Covid-19, termasuk pada anak-anak yang rentan terinfeksi virus corona. Namun sebelum melakukan vaksinasi Covid-19 pada anak, orang tua perlu mempersiapkan sejumlah hal, termasuk memastikan anak dalam kondisi bugar dan sehat. Apa saja?


Berikut sejumlah langkah yang dapat dipersiapkan orang tua sebelum dan sesudah anak vaksin Covid-19, sebagaimana dirangkum sejumlah situs.


Sebelum vaksinasi Covid-19


1. Tidur cukup


Para orang tua perlu memastikan kualitas tidur anak. Anak butuh tidur cukup sebelum melakukan vaksinasi.


Pasalnya, tidur yang cukup bisa membuat tubuh tetap fit agar vaksin bekerja optimal di tubuh setelah disuntikkan.


2. Edukasi anak


Juli silam, dokter spesialis anak RS Pondok Indah, Ellen Wijaya menyarankan agar orang tua mengedukasi anak seputar vaksinasi Covid-19.


Tidak lupa berikan pula pengetahuan mengenai manfaat vaksin. Vaksin membantu tubuh melawan Covid-19 tetapi protokol kesehatan tidak boleh kendor.


"Beri tahu anak kalau disuntik di bagian lengan agar tidak kaget," kata Ellen kala itu dalam sebuah acara.


3. Cek kondisi anak


Di hari vaksinasi, pastikan kembali bahwa anak dalam kondisi sehat. Jika sedang demam sebaiknya segera menunda vaksinasi.


Ini penting dilakukan agar anak tetap sehat dan bisa mendapat manfaat yang sesuai dari vaksin tersebut.


Sesudah vaksinasi


Anak tetap bisa beraktivitas setelah vaksin, dengan catatan kondisinya memang sehat. Dalam uji klinis vaksin terhadap anak, efek samping vaksinasi paling umum ringan hingga sedang saja. Efek samping ringan hanya berupa nyeri di area suntikan.


Jika terjadi demam, lanjut Ellen, orang tua tidak perlu khawatir. Justru ini merupakan mekanisme tubuh anak yang sehat.


"Tubuh membentuk respons antibodi salah satunya demam tadi. Ini bukan hal yang berbahaya," kata Ellen.


Namun jika timbul efek samping lain, segera hubungi layanan kesehatan terdekat atau kontak darurat vaksinasi Covid.


Di Payakumbuh, vaksin anak juga segera dilaksanakan. Pemko Payakumbuh mulai melakukan sosialisasikan pentingnya vaksinasi Covid-19 bagi anak sekolah kepada wali murid di SDN 28 Payakumbuh.


Sosialisasi itu dilaksanakan di Aula SDN 28 Payakumbuh, Selasa (11/01).


Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh Junaidi, kepada wartawan, mengatakan, sosialisasi vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun ini juga dilaksanakan di 18 sekolah lainnya di Kota Payakumbuh.


Sementara itu, Lurah Parik Rantang Muhammad Hamdan, mengatakan, bahwa vaksin untuk anak ini demi percepatan pembentukan herd immunity, dimana dengan terbentuknya kekebalan kelompok semua aktivitas akan berjalan normal kembali.


“Ini merupakan hal yang harus kita lakukan untuk memberikan kesehatan dan perlindungan bagi anak-anak kita dan kepada orang tua mohon memberikan izin kepada anak-anak kita. Selain itu, saat ini kita juga tengah menyiapkan dan memberikan vaksinasi kepada lansia dan masyarakat yang komorbid. Kita juga memfasilitasi masyarakat kita yang komorbid untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke rumah sakit,” ucapnya. BL

×
Berita Terbaru Update