-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Paritrana Award 2020, Sumbar Optimis Meraihnya

Wednesday, 6 January 2021 | 20:56 WIB Last Updated 2021-01-06T13:56:38Z

Suasana rapat persiapan Paritrana Award 2020 di kantor gubernur Sumbar. Ist


PADANG-Sejumlah perusahaan skala besar, menengah dan kecil akan dikirim ke pusat untuk mengikuti Paritrana Award 2020. Berbagai persiapan telah dilakukan agar perusahaan masuk dalam nominasi penghargaan jaminan sosial ketenagakerjaan. 


"Tahun 2020 batas akhir penilaian kandidat yang akan dikirim ke pusat. Dalam rapat tadi ada 4 kadidat kabupaten/kota yang masuk program ini. Ada 3 perusahaan besar, 3 perusahaan menengah dan 1 perusahaan skala kecil," terang Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang, Yuniman Lubis, usai rapat persiapan Paritrana Award 2020, di kantor gubernur Sumbar, Rabu (6/1). 


Dijelaskannya, untuk perusahaan besar ada tiga, yakni Bank Nagari, PT. Semen Padang dan Agrowirata. Untuk kategori perusahaan besar tersebut, Sumbar optimis mampu meraihnya. 


"Kami optimis kategori perusahaan besar Sumbar bisa meraihnya. Salah satunya Bank Nagari. Bank daerah ini mendapat penilaian maksimal semuanya. Ditambah pula Bank Nagari menyalurkan CSR nya untuk mendaftarkan guru honorer sebagai peserta BPJSTK. Semoga prediski kami benar," ujar Yuniman.


Untuk kategori provinsi sendiri, Yuniman Lubis juga optimis mendapatkannya. Sebab Sumbar telah memiliki peraturan daerah tentang perlindungan ketenagakerjaan.


Sementara, Kepala Dinas Ketenagakerajaan Sumbar, Nazrizal mengatakan Paritrana Award berkaitan dengan kepatuhan pemberi kerja dalam mendaftarkan pekerja mereka sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga setiap pekerja mendapat perlindungan selama bekerja. 


"Untuk mereka yang tidak didaftarkan perusahaan atau bekerja secara informal dapat melindungi diri dengan mendaftar sendiri sebagai peserta BPJSTK," terang dia. 


Menurutnya, mendaftarkan pekerja atau pekerja mendaftarkan diri sebagai peserta BPJSTK adalah langkah untuk mewujudkan target yang ditetapkan pemerintah provinsi sebanyak 1 juta pekerjaan harus terdaftar sebagai peserta BPJSTK. 


"Memasukkan pekerja sebagai peserta BPJSTK adalah pekerjaan mulia dalam melindungi nyawa orang ditingkat terakhir. Dari sana diharapkan tumbuh kesadaran komonal dari semua pihak, stoke holder agar menggerakkan program menuju 1 juta pekerja terdaftar sebagai peserta BPJSTK pada pertengahan tahun ini," terangnya.


Nazrizal berharap pemberi kerja dan masyarakat lainnya punya keinginan mendaftarkan pekerja sebagai peserta BPJSTK. Jangan menunggu waktu, sebab dengan mendaftar sebagai peserta BPJSTK adalah cara memproteksi diri pekerja. 


Pemenang Paritrana Award 2020 ini akan diumumkan pada Februari atau Maret 2021. Sementara pada Paritrana Award 2019 lalu Sumbar meraih dua kategori perusahaan skala menengah dan kecil. Skala menengah diraih PT. Kunango Jantan dan Rumah Makan Salero Kampung. YL

×
Berita Terbaru Update