-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Ada Program Internet Seribu, Orangtua di Padang Tak Lagi Risau Saat Anak Belajar Online

Friday, 25 September 2020 | 09:26 WIB Last Updated 2020-09-25T18:08:36Z

Begini suasana anak-anak sekolah belajar di Mushala Ikhwanul Muslimin Gudang Baro Karan, yang memanfaatkan GEBUnet dalam belajar online. Ist

PADANG
- Selama pandemi banyak orangtua mengeluh karena tak punya uang membeli paket untuk anak-anaknya belajar secara online. Kini warga Padang tak perlu lagi khawatir, sebab Pemko Padang telah memfasilitasi masjid dan musalla untuk pengadaan jaringan wifi melalui inovasi program GEBUnet (Gerakan Seribu Rupiah Untuk Internet).


Secara resmi, GEBUnet yang digagas Diskominfo itu diresmikan pemakaiannya oleh Asisten Administrasi Umum Setdako Padang, Didi Aryadi di kawasan RW 12 yang dipusatkan di Musala Ikhwanul Muslimin Gudang Baro Karan (GBK), Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan, Kamis (24/9/2020).


"Selamat dan terima kasih kami sampaikan kepada pemerintah kelurahan serta seluruh stakeholder dan masyarakat di Kelurahan Rawang. Program ini sangat bermanfaat dan sebagai bentuk kontribusi kita kepada masyarakat. Dan hal ini patut ditiru oleh kelurahan lainnya," ungkap Didi mengapresiasi.


Dengan hadirnya inovasi GEBUnet ini, lanjutnya, diyakini akan mengurangi beban para orang tua yang selama ini dipusingkan dengan biaya pembelian paket data internet untuk anak-anaknya yang mengikuti belajar online. 


Sejak pandemi Covid-19 mewabah dan sampai saat ini, aktivitas belajar di sekolah diihentikan dan proses belajar-mengajar dialihkan ke rumah masing-masing melalui program belajar secara online.


"Sekarang dengan adanya inovasi ini, bagi anak-anak yang ingin belajar, membuat PR dan mendapatkan informasi yang bermanfaat tidak perlu lagi membeli kuota internet. Silahkan datang ke masjid/musala yang sudah dipasang jaringan internet, seperti yang kita lakukan di Musala Ikhwanul Muslimin GBK ini. Hal ini tentu juga bermanfaat untuk anak-anak karena mereka sambil berinteraksi sosial dengan lingkungan," ujarnya.


Sementara itu Sekretaris Diskominfo Padang Tarmizi Ismail menyebutkan, untuk inovasi GEBUnet ini pihaknya secara bertahap akan menyediakan akses iinternet bagi masjid/musala. Untuk fasilitas akses internet ini, masing-masing warga hanya diminta mengeluarkan uang Rp1.000 per orang. Setelah itu bisa menikmati internet seharian dengan akses unlimited.


Ia menerangkan, gerakan ini sejatinya adalah gerakan pemberdayaan masyarakat yang meminta pemerintah kecamatan dan kelurahan di Kota Padang bisa menggerakkan fungsi dan keterlibatan semua elemen masyarakat. Hal ini dikarenakan Pemko Padang melalui Diskominfo saat ini hanya bisa menyediakan internet gratis baru untuk 11 masjid untuk 11 kecamatan.


"Sementara untuk masjid di Kota Padang jumlah sekitar 800 unit. Jadi melalui inovasi GEBUnet ini kita mencoba mencarikan solusinya. Kita fikir inovasi ini bisa menjadi pemicu agar masyarakat yang ekonomi cukup bagus dapat berpartisipasi dan saling membantu. Insya Allah kali ini yang ketiga dan setelah di sini kita akan berupaya lanjutkan ke tempat lainnya," sebutnya. DV

×
Berita Terbaru Update