Positif Covid-19 di Sumbar Naik Tajam, Masyarakat Diminta Lebih Waspada


PADANG-Dipenghujung Juli 2020, terjadi penambahan kasus Covid-19 yang sangat tajam di Sumbar. Kasus terbanyak dari Kota Padang, yang kini masuk dalam kategori zona orange.

Laporan sementara hasil pemeriksaan sample spesimen Covid-19, oleh Labor Fakultas Kedokteran Unand dan Labor Veteriner Baso Agam, diperiksa 1.541 spesimen, terkonfirmasi 40 orang (2,6%) warga Sumbar positif terinfeksi covid-19.

"Penambahan kasus hari ini merupakan rekor tertinggi konfirmasi positif, yang pernah terjadi di Sumbar," terang Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal, Jumat (31/7).

Disebutkannya, dari 40 kasus positif  rinciannya 1. 26 orang hasil pemeriksaan sample kiriman dari berbagai rumah sakit di Kota Padang. 2. Sebanyak 6 orang hasil pemeriksaan kiriman sample dari Kota Sawahlunto, 3. Sebanyak 3 orang hasil pemeriksaan spesimen dari Kota Solok, 4. Sebanyak 3 orang hasil pemeriksaan sample spesimen warga Kabupaten Solok, 5. Sebanyak 2 orang hasil pemeriksaan dari Kabupaten Agam.

Bertambahnya kasus positif 40 orang pagi ini, menambah deretan panjang angka positif Covid-19 di Sumbar menjadi 947 kasus.

"Kami berharap masyarakat diminta tetap patuhi protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, menjaga kebersihan dan menerapkan physical distancing," sebutnya.

Dikatakannya, posisi Kota Padang saat ini berada dalam zona orange Covid-19. Masyarakat diimbau agar tetap menjalani protokol kesehatan yang ketat selama berhari raya. Jika patuh pada protokol kesehatan, masyarakat bisa aman dari paparan virus. YL