-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Pasien Positif Covid-19 di Sumbar Naik Lagi, Semua yang Terjangkit dari Luar Daerah

Wednesday, 29 July 2020 | 12:45 WIB Last Updated 2020-07-29T05:45:22Z
Jasman Rizal
PADANG-Hari ini terjadi lonjakan kasus positif Covid-19 di Sumbar. Terbanyak berasal dari Kota Padang.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal, mengatakan berdasarkan hasil tracking dan tracing, hampir semua yang terjangkit adalah imported case (dari luar). Local transmission hampir tidak ada.

"Kasus positif hari ini bertambah 17 orang. Total kasus kini menjadi 891 orang," kata Jasman, Rabu (29/7).

Dijelaskannya, dari 724 spesimen (707 Lab Fak Kedokteran Unand dan 17 Lab veteriner Baso Agam), terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19 17 orang. Rinciannya 15 dari Padang, satu dari Padang Pariaman dan satu dari Kabupaten Solok.

Pasien sembuh dari Covid-19 juga bertambah 8 orang. Total sembuh menjadi 751 orang.
Berdasarkan hasil tracking dan tracing, hampir semua yang terpapar adalah imported case.

"Untuk itu kita mengimbau bagi siapapun yang baru pulang bepergian dari luar sumbar, terutama dari daerah yang kategori merah (pulau Jawa dan sebagian provinsi lainnya di Indonesia), sebaiknya begitu mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) segera lakukan test PCR/SWAB secara gratis. Seluruh biaya test PCR ini ditanggung oleh Pemprov Sumbar," terangnya.

Di samping itu, kata Jasman, pemerintah provinsi Sumbar juga tak bosan-bosannya meminta kepada masyarakat agar disiplin menjalani protokol kesehatan untuk mengatasi perkembangan covid-19. Pakai masker, hindari kerumunan, sering cuci tangan, pulang kerumah dari manapun ganti pakaian dan langsung mandi.

"Hindari beli makanan yang terbuka. Ingatkan pelayan makanan untuk tetap pakai masker dan dilarang keras pelayan makanan bicara di depan makanan, walaupun pakai masker," ujarnya. YL
×
Berita Terbaru Update