-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Hindari Rasa Jenuh dan Bosan Saat Belajar Daring, Guru Sebaiknya Gunakan Metoda Ini

Sunday, 26 July 2020 | 12:10 WIB Last Updated 2020-07-26T05:11:26Z
Proses belajar daring di SMA Pesantren Moderen Terpadu Prof. Hamka II Padang. Ist
PADANG-Dimasa normal baru di tengah wabah Covid-19, para guru diharuskan kreatif mengajar. Jika tidak, siswa dipastikan jenuh dan bosan saat menjalani belajar daring yang diperkirakan akan berlangsung dalam beberapa tahun ke depan.

Proses belajar menarik, salah satunya ditawarkan Tim Pengabdian Dosen Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat, untuk SMA Pesantren Moderen Terpadu Prof Hamka II Kota Padang. Sistimnya menggunakan asistensi model pembelajaran konstruktivisme dengan menggunakan patform  Quizizz.

Ketua Tim Pengabdian Dosen Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat, Sri Wahyuni, M.Pd mengatakan pengabdian ini dilakukan agar guru saat mengajar bisa menggunakan bermacam-macam platform sehingga pembelajaran menyenangkan dan bervariasi.

"Adapun permasalahan yang dihadapi mitra semenjak pembelajaran online, selama normal baru hanya terpaku pada satu platform sehingga membuat kejenuhan bagi guru dan siswa. Sedangkan materi pengabdian yang kami berikan adalah Asistensi model pembelajaran konstruktivisme dengan menggunakan patform  Quizizz. Jadi siswa diyakni tidak bosan menjalani proses PBM," terang Sri Wahyuni, Minggu (26/7).

Dijelaskannya, model pembelajaran konstruktivisme adalah proses pembelajaran melalui pengetahuan akan dibangun anak melalui pengalamannya dari interaksi dengan lingkungan masing-masing.
Sedangkan paltform pembelajaran Quizizz adalah aplikasi pendidikan berbaziz game yang membawa aktifitas multi pemain ke ruang kelas atau di luar kelas. Kondisi ini bisa membuat siswa di kelas latihan lebih interaktif dan di luar kelas pembelajaran menyenangkan.

"Dalam platform pembelajaran Quizizz ini ada beberapa karekteristik permainan seperti avatar, tema, meme dan musik menghibur dalam proses pembelajaran. Dalam Quizizz ini dapat memotivasi peserta didik dalam proses pembelajaran," terangnya.

Menurutnya, dalam Quizizz ini saat evaluasi seperti kuis siswa bisa melihat peringkat secara langsung di papan peringkat. Guru dapat memantau proses dan unduh ketika kuis selesai. Dan guru bisa mengevaluasi kinerja peserta didik.

Pengabdian Tim Pengabdian Dosen Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat, berlangsung pada Senin, 15 Juni 2020, yang beranggotakan Jimi Ronald, M.PdE dan Mona Amelia, M.Pd dan dibantu oleh satu orang mahasiswa Elsa Depita.

Melalui pengabdian tersebut diharapkan guru dapat menggunakan berbagai macam platform sehingga merangsang minat dan meningkatkan motivasi serta kosentrasi peserta didik pada saat poses pembelajaran.  YL




×
Berita Terbaru Update