Banjir Bandang Terjang Pasaman, Warga Dievakuasi


Evakuasi Warga Lubuk Sikaping dari Banjir Bandang pada Sabtu (2/12) malam.

Pasaman, Kitapunya.id - Banjir bandang kembali terjang Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat sabtu (2/12) malam ini. 

Salah seorang warga Altas (40), warga Nagari Durian Tinggi banjir air mulai naik dari sungai Batang Panapa sejak pukul 21.00 wib malam tadi. "Air mulai naik sejak pukul 9 malam tadi", ungkapnya.

Ketinggian air yang memasuki rumahnya sekitar 20 sentimeter dan hingga sekarang berangsur surut namun rumah yang lain ada yang mencapai 1 meter. " Di dalam rumah sekitar 20 senti namun bagian mobil tetangga mencapai sekitar lebih 50 senti, kabarnya ada juga yang sampai 1 meter lebih", tambahnya. 

Menurut Altas, banjir kali ini merupakan banjir yang lebih besar jika dibanding pertengahan oktober lalu. "Saya belum tahu berapa rumah dan jiwa terdampak, namun saat ini kami mengungsi ke lantai dua rumah walau masih was was", imbuhnya.

Banjir bandang kali ini diduga akibat tingginya curah hujan di hulu sungai Batang Panapa dan sungai Paninggahan yang berada di bagian atas perbukitan Bukit Barisan. Sampai saat ini, tim SAR gabungan masih melakukan upaya evakuasi terhadap warga yang terkena dampak banjir. DC

0 Comments