Sejumlah Jalan di Padang Bakal Ditutup, Cek Jadwal dan Lokasinya

PADANG–Sejumlah jalan di Kota Padang akan ditutup pada pukul 10.00 WIB. Ini karena adanya rekayasa lalu lintas untuk pembukaan Kirab dan Pembukaan Latihan Integritas Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) ke-XLIII Tahun 2023 di Istana Gubernur Jalan Sudirman.

Akses jalan yang ditutup nanti mulai dari Simpang Bank Indonesia-Jalan Sudirman-Simpang Jasa Raharja-Simpang Golkar-Simpang GOR H Agus Salim, Simpang Jamria-Jalan Raden Saleh hingga GOR H Agus Salim.

Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Kominfotik) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Siti Aisyah mengatakan awalnya penutupan Latsitardanus) ke-XLIII, dilaksanakan pukul 09.00 WIB. Kemudian ditunda menjadi pukul 15.00 WIB.

"Dengan adanya penundaan tersebut, maka pelaksanaan rekayasa lalu lintas digelar Jumat pagi pukul 10.00 WIB. Bagi masyarakat yang ada aktivitas di kawasan tersebut diharapkan mencari jalur lain," pinta Siti Aisyah.

Disebutkannya, jalan akan ditutup dari pukul 10.00 WIB hingga selesainya pembukaan Latsitardanus pukul 15.00 WIB.  

Sebelumnya, peserta Latsitardanus ke-XLIII berjumlah sebanyak 1.300 orang tiba di Pelabuhan Teluk Bayur Kota Padang, Rabu sore (17/5).

Peserta yang datang diangkut menggunakan kapal perang KRI Suarabaya. Mereka terdiri dari Taruna Akademi TNI, Akademi Angkatan Laut, Akademi Angkatan Udara, Akademi Kepolisian, Politeknik Siber dan Sandi Negara dan Praja IPDN.

Kedatangan Peserta Latsitardanus ke-XLIII ini disambut langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat (Wagub Sumbar), Audy Joinaldy melalui upacara penyambutan di dermaga Teluk Bayur.

Setelah penyambutan peserta Latsitardanus ke-XLIII, direncanakan, dilaksanakan upacara pembukaan di Istana Gubernur Sumbar pada hari Jumat (19/5).

Pada pembukaan nanti, digelar upacara yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono dan dihadiri Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan pejabat utama TNI-Polri lainnya.

Selaku tuan rumah, Wagub Sumbar, Audy Joinaldy berharap seluruh peserta Latsitardanus yang akan disebar ke sejumlah wilayah di Sumbar ini dapat segera menyesuaikan diri dan membaur dengan masyarakat.

Latsitardanus merupakan kegiatan integrasi yg dilaksanakan setahun sekali pada akhir pendidikan oleh taruna tingkat IV atau akhir Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Udara (AAU), Akedemi Angkatan Laut (AAL), dan Akademi Kepolisian, sebelum mereka dilantik menjadi seorang perwira TNI dan Polri  oleh Presiden RI. YL

0 Comments