Galamai BBPOM Padang Ikut Kompetisi Layanan Publik 2023

Abdul Rahim
PADANG-Aplikasi Galamai atau Galeri Layanan Masyarakat dan Informasi, yang dibuat Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Padang,didaftarkan pada kompetisi inovasi layanan publik 2023.

Galamai adalah aplikasi terdiri dari banyak fitur, yang memberikan pelayanan dan memudahkan masyarakat penggunanya.

"Aplikasi Galamai adalah inovasi BBPOM Padang, yang dibuat ketika wabah Covid melanda dunia. Galamai kami daftarkan dalam ajang kompetisi inovasi layanan publik 2023 antar BPOM hingga kementerian terkait," kata Kepala BBPOM Padang, Abdul Rahim, usai kegiatan 

Disebutkannya, di Aplikasi Galamai ada banyak fitur,seperti berita, pengujian pihak ketiga, pengaduan,layanan pertanyaan. Semua fitur itu bisa digunakan pihak ketiga atau masyarakat untuk mendapatkan berbagai informasi.

"Saat pandemi interaksi secara tatap muka sangat terbatas. Lewat aplikasi Galamai sangat membantu masyarakat,apalagi yang dari luar Padang," sebutnya.

Untuk kepolisian misalnya, ketika melakukan uji sample mereka ukup membuka aplikasi Galamai. Di aplikasi itu masyarakat bisa tahu berapa tarif layanan dan syarat apa saja yang dibutuhkan. Setelah itu masyarakat cukup membawa samplenya saja ke BBPOM Padang di Gunung Pangilun.

"Setelah itu masyarakat bisa melihat proses selanjutnya dari aplikasi saja tanpa harus datang lagi ke BBPOM. Ini yang memudahkan masyarakat tanpa harus bolak balik. Jika hasilnya sudah keluar dan terpajang diaplikasi mitra ketiga seperti kepolisian sudah bisa memutuskan hasil sample yang diujikan," ujar Abdul Rahim

Selain aplikasi Galamai, masyarakat juga mengajukan pertanyaan lewat SMS dan live chat.

"Kami selalu berupaya memperbaiki diri dengan evaluasi dan inovasi. Kami manfaatkan teknolgi yang ada. Kemudian lewat media sosialkami juga melakukan sosialisasi, sebab masyarakat sekarang sangat dengan dengan medsos," katanya.

Dengan berbagai layanan dan evaluasi diri, BBPOM Padang optimis Galamai mendapat penilaian terbaik dalam Kompetisi Layanan Publik 2023.

"Meski demikian tujuannya yang paling penting bukan hanya mendapatkan penilaian terbaik di pusat namun bagaimana terus berinovasi. Memberikan pelayanan yang mudah dan terbaik setiap tahunnya bagi masyarakat luas. Artiya akan selalu ada inovasi terbaru setiap waktu," pungkasnya.

Sementara, BBPOM Padang terus berbenah dan evaluasi diri dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat luas. Evaluasi diri salah satunya dilakukan dengan mengadalan diskusi forum kunsultasi publik, yang menghadirkan peserta dari banyak instansi. Dalam diskusi itu ditampung berbagai saran, keluhan dari peserta diskusi. YL


0 Comments