dr. Amel Audy Joinaldy : Anggota BKOW Harus Cerdas Bermedia Sosial

 

Ketua BKOW Sumbar, dr Amel Amalia Audy Joinaldy, memberikan sambutan saat pembukaan pelatihan jurnalistik dan bermedia sosial yang baik, bagi anggotanya. YL

PADANG-Badan Koordinas Organisasi Wanita (BKOW) Sumbar menggelar pelatihan jurnalistik dan pengelolaan media sosial untuk anggotanya yang tersebar di kabupaten/kota.

"Pelatihan itu bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada anggotanya, bagaimana cara menulis berita dan bermedia sosial yang baik dan benar. Sebab saat ini banyak sekali kasus hukum yang bermula di media sosial akhirnya berhadapan dengan hukum," terang Ketua BKOW Sumbar, dr. Fitria Amalia Audy, saat membuka kegiatan Pelatihan Jurnalistik dan Bermedia So
sial, bagi anggota BKOW Sumbar, Selasa (16/5) di salah satu hotel berbintang di Padang.

Disebutkannya, Pelatihan Jurnalistik dan Pengelolaan Media Sosial Untuk Anggota Organisasi Perempuan dilaksanakan bertepatan dengan agenda nasional peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Peringatan Hari Pendidikan Nasional, tidak hanya untuk mengenang hari lahirnya tokoh Pendidikan Indonesia, Ki. Hajar Dewantara. Tapi Hardiknas adalah momentum untuk kembali menumbuh rasa patriotisme dan nasionalisme bagi semua insan terutama insan pendidik. 

Hardiknas tahun 2023 mengambil tema “Bergerak Bersama. Semarakkan Merdeka Belajar”, yang kita realisasikan dalam bentuk pelatihan ini.

Dalam kegiatan Pelatihan Jurnalistik dan Pengelolaan Media Sosial untuk Anggota Orgaisasi Perempuan ini, BKOW memilih tema “Meningkatkan Kapasitas Diri dan Organisasi dengan Cerdas Bermedia Sosial”. 

"Tema ini sengaja dipilih karena  tujuan dari pelatihan ini adalah selain untuk menambah pengetahuan tentang jurnalistik dan komunikasi serta meningkatkan literasi digital. Pelatihan juga meningkatkan pemahaman dalam penyusunan dan pengelolaan konten media sosial di lingkungan organisasi perempuan," sebut Amel.

Perkembangan dunia digital yang semakin pesat dan terjadinya pergeseran pola komunikasi, semua pengurus organisasi perempuan terutama Bidang Inforkom dituntut untuk mampu berubah dan beradaptasi dengan mentrasformasikan diri dalam paradigma baru komunikasi di era digital. Salah satu bentuk yang paling mencolok dari perubahan komunikasi tersebut yaitu penyampaian informasi organisasi, berkembang menjadi micro/targeted channel (Facebook, Instagram, Twitter, YouTube). 

Saat ini media sosial menjadi bagian yang sangat penting untuk mentransfer informasi. Media sosial ini akan menjadi ujung tombak reputasi organisasi perempuan ketika kita mempromosikan organisasi kita ke kalayak yang lebih luas. 

"Bila media sosial disalahgunakan, dan dalam penggunaannya tidak bijak dalam bermedia sosial justru menjadi hal yang bersifat negatif. Dan berdampak buruk bagi pengguna maupun masyarakat secara umum sehingga diperlukan pelatihan dalam menggunakan media sosial secara cerdas dan bertanggungjawab.

Oleh karena itu kegiatan pelatihan ini menjadi bagian yang sangat penting, untuk bersama-sama memperbaiki kinerja kita, dan meningkatkan reputasi organisasi perempuan  melalui cerdas dan bertanggungjawab dalam penggunaan media sosial," terang Amel lebih jauh.

Amel berharap setelah mengikuti pelatihan pengurus organisasi perempuan pengguna media sosial dapat menggunakan media sosial dengan lebih pintar dan bijak serta bertanggung jawab, dan lebih banyak memproduksi konten yang positif untuk di unggah ke media sosial yang tentunya memberikan dampak yang baik bagi para pengguna media sosial.

Pelatihan tersebut dibuka Wakil Gubernur, Audy Joinaldy. Audy berharap setelah ikut pelatihan, anggota BKOW Sumbar mampu menggunakan media sosial yang mengekspos kegiatan positif organisasi.

"Misalnya untuk program menekan anggota stunting, penangan kasus bullying dan kasus pelecehan seksual terhadap perempuan. Harapannya informasi tersebut bermanfaat bagi masyarakat banyak," pungkas. 

Wagub Ulang Tahun

Sementara dalam pembukaan pelatihan jurnalistik dan bermedia sosial yang baik tersebut Wagub Audy mendapat kejutan karena berulang tahun yang ke 40 tahun. Dua kue pun terhidang untuk merayakan hari jadi orang nomorsatu di Sumbar tersebut. Ucapan selamat dan doa terbaik disampaikan peserta pelatihan. YL


0 Comments