2023 Pemko Pariaman Bangunan 1000 Tangki Septik untuk Warga tak Mampu

PARIAMAN- Tahun ini, Pemerintah Kota Pariaman targetkan membangun 1.000 tangki septik untuk masyarakat kurang mampu .

Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Pariaman, Genius Umar pada sosialisasi Pelaksanaan Pembangunan Tangki Septik Individual Dan MCK/Jamban Tahun 2023 di Balairung Rumah Dinas Wali Kota Pariaman Kamis, (4/5).

Menurut Genius dihadapan peserta sosialisasi Kepala Desa dan lurah se-Kota Pariaman, bahwa sanitasi yang meliputi pengelolaan air limbah, persampahan dan drainase merupakan tanggung jawab kita semua, sebagai bagian dari sanitasi pengelolaan limbah menjadi salah satu faktor penting yang patut diperhatikan.

“Dengan adanya pembangunan 1000 tangki septik individual ini, kiranya dapat memperbaiki sanitasi yang tadinya mencemari tanah menjadi aman dibuang ke lingkungan, sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan hidup masyarakat”, terang Genius.

Dia menjelaskan bahwa masalah sanitasi adalah persoalan lama yang masih terus ada di masyarakat, untuk itu penuntasan masalah ini benar-benar membutuhkan kepedulian dan perhatian dari kita bersama.

“Saya percaya, sekecil apapun langkah yang dilakukan dalam memperbaiki sanitasi, dapat membawa dampak yang besar bagi generasi mendatang”, tambahnya.

Genius berharap program sanitasi air bersih yang termasuk dalam Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 bisa tercapai sesuai dengan harapan.

“Jangan ada lagi masyarakat yang membuang sampah serta air jamban ke sungai atau ke kolam, karena itu semua akan merusak lingkungan sekitar,” pinta Genius. AG

0 Comments