Sambut Kunjungan Wapres RI ke Sumatera Barat, PLN Siapkan Pasokan Listrik Andal Tanpa Kedip

PADANG – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat berkomitmen menghadirkan layanan listrik tanpa kedip untuk menyukseskan kunjungan kerja Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin dan Hj Wury Ma’ruf Amin, pada 4-5 Mei 2023 di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Kesiapan PLN dalam mendukung kelancaran setiap agenda kunjungan kerja Wapres, sudah dilakukan jauh hari sebelumnya dengan memastikan pasokan listrik dalam kondisi aman.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat Eric Rossi Priyo Nugroho mengatakan, PLN telah bergerak cepat mengawal dan memastikan infrastruktur kelistrikan aman pada lokasi-lokasi yang akan dikunjungi Wapres dan rombongan.

Petugas membuat dan menerapkan Standing Operation Prosedure (SOP) khusus guna memastikan suplai listrik andal tanpa kedip, pun juga menyiagakan personil yang tersebar di beberapa titik.

“PLN melakukan berbagai upaya memperkuat keandalan pasokan listrik selama acara berlangsung, mulai dari menjaga kelancaran pasokan listrik saat kunjungan kerja berlangsung, dan menyiapkan tiga titik prioritas pengamanan,”ungkap Eric.

Adapun titik prioritas pengamanan pasokan listrik tersebut di antaranya VIP Bandara International Minangkabau, The ZHM Premiere Hotel Padang tempat Wapres menginap, serta Lingkungan Universitas Negeri Padang (UNP) mulai dari Ballroom UNP, Hotel UNP, hingga Masjid Raya Al-Azhar UNP yang menjadi lokasi kunjungan kerja.

“Kami siapkan listrik yang andal melalui penyulang utama, dan skema backup di masing-masing lokasi dengan dua sampai tiga lapis dan petugas siaga,” ungkap Eric.

Saat pemeriksaan jaringan oleh Senior Manager Distribusi PLN UID Sumbar Anton Sugiarto, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Padang Yusuf Hadiyanto beserta tim, PLN telah menyiapkan dua lapis pengaman seperti back up feeder dan genset hotel di lokasi penginapan Wapres berkapasitas 880 kilo Volt Ampere (kVA)

Sedangkan dilingkungan UNP, PLN menyiapkan dua lapis pengaman diantaranya genset PLN 1×72 kVA dan 1×125 kVA, genset UNP 2×800 kVA.

“PLN juga siagakan tim untuk standby 24 jam bila terjadi hal-hal yang sifatnya emergency sehingga petugas dapat bergerak dengan cepat dan tanggap untuk mengatasi gangguan yang mungkin timbul. Sebuah kebanggaan bagi PLN dapat mengawal kegiatan kunjungan kerja Wapres ke Provinsi Sumatera Barat sehingga bisa berjalan dengan lancar,” ungkap Eric lagi.

Disisi lain PLN juga berkolaborasi bersama segenap Unsur Forkopimda Sumatera Barat guna menghadirkan pasokan listrik prima selama agenda kunjungan Wapres berlangsung.

Langkah tersebut merupakan bukti nyata komitmen PLN untuk terus memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. 


Wapres melakukan kunjungan kerja ke Sumbar untuk sejumlah agenda. Seperti menghadiri Milad Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI) ke-95 tahun yang digelar di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Jumat (5/5) besok.

Wapres akan menghadiri Milad Perti Menyongsong Satu Abad Perti mengangkat tema “Meneguhkan Khittah Menjaga Persatuan menuju Indonesia Emas” sekitar pukul 10.15 WIB, kemudian salat

Jumat di Kantor Gubernur Sumbar, selanjutnya berangkat ke BIM kembali ke Jakarta. YL


0 Comments