Hujan Lebat Sepanjang Malam, Batang Lembang Meluap, Ratusan Rumah Terendam

Banjir di depan SMP Salayo. rusmel


SOLOK- Sungai Batang Lembang di Kecamatan Kubung dan Bukit Sundi Kabupaten Solok Meluap. Akibatnya banjir melanda sejumlah kawasan. Ketinggian air hampir mencapai dada orang dewasa.Banjir dipicu hujan lebat yang terjadi Senin (11/1) pukul 18.00 WIB hingga tengah malam.


Informasi yang diperoleh, air mulai naik sekitar pukul 02.00 dinihari tadi. Sejumlah pemukiman di bantaran Batang Lembang di kawasan Nagari Muaro Paneh, Kecamatan Bukit Sundi hingga Nagari Koto Baru dan Salayo di Kecamatan Kubung, terendam air besar. Bahkan ketinggian air di kawasan Kalampayan jorong Galanggang Tangah, ketinggian air mencapai dada orang dewasa. ” Kami terisolasi, terkurung. Tidak bisa bergerak dikepung air. Tolong bantuannya,” ujar Yan, salah seorang warga terdampak banjir di Kalampayan,  Selasa (12/1) dinihari.


Melihat volume air terus bertambah, warga yang terendam mulai mencoba melawan arus untuk mengungsi. Masyarakat bahu membahu memberi pertolongan untuk menyelamatkan di ke bangunan yang lebih tinggi.


Bersamaan, tim BPBD Kabupaten Solok dengan membawa perahu karet bergerak ke lokasi memberikan bantuan evakuasi. Bahkan sejumlah personil ormas Pemuda Pancasila Kabupaten Solok dibawah komando Lamud Wijaya ikut mendatangi lokasi yang terkena banjir memberikan pertolongan evakuasi.

Banjir masuk rumah warga. rusmel


“Warga khawatir air terus bertambah, makanya mulai mengungsi ke tempat yang lebih tinggi,” ujar Mora Rajo Kando, kepala jorong Gelanggang Tangah, Salayo.


Kepala jorong Galanggang Tangah ini bersama relawan lain ikut menyisir pemukiman warga yang terendam banjir dengan bantuan perahu karet. 


” Kita khawatir ada anak anak atau orang tua yang terjebak banjir. Kita harus melakukan evakuasi, ” kata Mora Rajo Kando.


Kawasan terparah dalam banjir Batang Lembang awal tahun 2021 ini, diantaranya jorong Gelanggang Tangah nagari Salayo, jorong Simpang, jorong Lubuk Agung dan jorong Kajai nagari Koto Baru serta beberapa jorong di nagari Muaro Paneh, Kecamatan Bukit Sundi.


Tersendatnya arus air di Batang Lembang, juga berdampak terhadap aliran  anak-anak sungai  di kawasan Kotobaru, Salayo dan Muaro Paneh. Akibat besarnya limpahan air, membuat rumah warga  di jorong Lubuk Agung dan kawasan Sawah Tapi nagari Koto Baru, Rawang Sari dan Kalampayan jorong Galanggang Tangah  serta hingga hamparan sawah, termasuk Mapolsek Kubung di Salayo tak ayal seolah seperti bangunan terapung. RS

0 Comments