-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Ribuan Korban Banjir Solok Dievakuasi, BPBD Sumbar Salurkan Bantuan

Tuesday, 12 January 2021 | 23:14 WIB Last Updated 2021-01-12T16:14:10Z
Banjir masuk rumah warga. Rusmel


PADANG-Banjir melanda sejumlah kecamatan di Kabupaten, Solok, Solok Selatan (Solsel) dan Kota Solok, Selasa (12/1). Bencana ini terjadi setelah daerah ini dilanda hujan lebat tiada henti sejak Senin, (11/1).


Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Sumbar, Erman Rahman mengatakan, di Kabupaten Solok, banjir yang terjadi sejak pukul 1.30 WIB. mengakibatkan terendamnya rumah warga di Nagari Muaro Paneh, Kecamatan Bukit Sundi. Rumah warga yang terendam banjir juga terdapat di Nagari Salayo dan Koto Baru, Kecamatan Kubung.


 “Tidak ada korban jiwa. Saat ini, BPBD Kabupaten Solok bersama dengan TNI, Polri, TAGANA, PMI dan insan kebencanaan beserta masyarakat, telah melakukan evakuasi terhadap masyarakat yang terkena dampak banjir,” ujar Erman Rahman, kemarin.


Berdasarkan hasil pendataan terhadap dampak yang ditimbulkan dan berkoordinasi dengan BPBD Provinsi Sumbar, guna percepatan penanganan bencana yang terjadi.


“Kebutuhan mendesak korban banjir saat ini berupa terpal, matras dan peralatan dasar kebencanaan. Selain itu, korban juga butuh makanan dan minuman. Bantuan sudah kita salurkan dari BPBD Sumbar,” ungkap Erman Rahman.

 

Sementara, di Kota Solok, banjir sejak Senin (11/1) malam pukul 23.30 WIB mengakibatkan terendamnya rumah warga di Kelurahan Kampai tabu Karambil, IX Korong, IV Suku, Sinapa, Aro IV Korong dan Tanah Garam Kecamatan Lubuk Sikarah.


Sementara, di Kecamatan Tanjung Harapan, banjir terjadi di Kelurahan Nan Balimo, Tanjung Paku dan Koto Panjang. “Di Kota Solok ini proses evakuasi terhadap korban sudah dilakukan, juga melibatkan BPBD Kota Solok bersama dengan TNI, Polri, TAGANA, PMI dan insan kebencanaan. Termasuk juga pendataan,” ungkapnya.


Di Kabupaten Solsel, banjir terjadi Selasa (12/1) pukul 1.30 WIB, akibat meluapnya Sungai Batang Pangian. Banjir mengakibatkan terendamnya rumah warga di Kecamatan Sangir Balai Janggo.


Di mana di kecamatan ini, banjir merendam 40 rumah dengan korban 37 KK dan144 jiwa di Jorong Taratak. Sementara di Jorong Pasa Sungai Sungkai banjir merendam 45 Rumah, dengan korban 47 KK dan 185 jiwa.


Di Nagari Pasar Muara Labuh, Kecamatan Sungai Pagu, banjir juga merendam 350 rumah, dengan korban 375 KK, dan 1125 Jiwa di Jorong Pasar Muara Labuh Timur dan Jorong Pasar Muara Utara

Di Nagari Pasir Talang Selatan, Kecamatan Sungai Pagu, banjir merendam 28 rumah, dengan korban 28 KK dan 100 jiwa di Jorong Kampuang Palak.


“BPBD Kabupaten Solok Selatan bersama dengan TNI, Polri, TAGANA, PMI dan insan kebencanaan beserta masyarakat telah melakukan evakuasi terhadap masyarakat yang terkena dampak. Kini juga sedang melakukan pendataan terhadap dampak yang ditimbulkan,” ungkap Erman Rahman. YS


×
Berita Terbaru Update