Prioritaskan Pemulihan, Wagub Sumbar Gencar Penuhi Kebutuhan Pengungsi Pasca Bencana

Wagub Sumbar, Audy Joinaldy mengacau gulai  yang dimasak di dapur umum kawasan galodo Marapi. Ist
TANAH DATAR-Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy, turun langsung ke lokasi pengungsian korban bencana di Kabupaten Tanah Datar. 

Kunjungannya pada Minggu (19/5/2024) ini bertujuan untuk mendata kebutuhan para pengungsi agar bantuan yang diberikan tepat guna dan tepat sasaran.

"Sesuai arahan Gubernur, maksud kedatangan kami tidak hanya untuk meninjau, tapi juga ingin mendata dan menghimpun masukan dari pengungsi," ungkap Audy Joinaldy di Posko Pengungsian Kantor Wali Nagari Rambatan.

Berdasarkan laporan, stok makanan di beberapa posko pengungsian terbilang cukup. Oleh karena itu, Audy berharap para donatur dapat memberikan bantuan dalam bentuk lain, seperti perlengkapan bayi, vitamin, suplemen, atau perlengkapan sekolah.

"Prioritas utama saat ini adalah pemulihan," tegas Wagub. "Pemprov Sumbar akan fokus pada penyambungan kembali jalan dan jembatan yang putus, serta pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat terdampak."

Upaya pemulihan ini juga akan diiringi dengan pendataan kerugian di setiap daerah terdampak. Data ini nantinya akan digunakan untuk mencari sumber pembiayaan dan mempercepat penyaluran bantuan.

"Beberapa kementerian sudah menyampaikan dukungannya," ungkap Audy. "Kita perlu segera menindaklanjuti dengan data lengkap agar bantuannya bisa segera turun."

Sementara itu, Wali Nagari Rambatan, Robi Yasdi, membenarkan bahwa stok makanan di poskonya cukup. Namun, mereka masih kekurangan bantuan lain.

"Pendataan kebutuhan pengungsi yang dilakukan Wagub saat ini sangat tepat. Sebab, kebutuhan di setiap posko pengungsian berbeda," pungkas Robi.

Kunjungan Wagub Audy Joinaldy diharapkan dapat mempercepat penyaluran bantuan dan pemulihan pasca bencana di Tanah Datar. rel

0 Comments