arrow_upward

Ratusan Emak-emak di Jakarta Pamerkan Baju Kurung Basiba

Monday, 22 August 2022 : 10:17


JAKARTA-Emak emak Minangkabau yang berdomisili di  Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta memperkenalkan budaya Minangkabau khususnya  Baju Kuruang Basiba kepada warga ibu kota Minggu pagi (21/8) ini. Sebanyak 469 emak yang tergabung dalam organisasi Bundo Kanduang DKI berparade melintasi jalan Jenderal Sudirman start di depan Sarinah dan finishnya di kawasan Monas.

Acara yang digelar sekaligus Dalam Rangka HUT RI ke 77  dimulai dengan pawai budaya dengan judul acara Parade Nusantara. Iring iringan ibu ibu para perantau Sumatera Barat sempat menjadi perhatian pengunjung jalan Sudirman yang dalam status car freeday pada Minggu pagi tadi. Tak pelak,  para pengunjungi berebutan mengabadikan barisan karnaval yang  tersebut.

"Yang hadir  ini perwakilan masing masing organisasi Bundo Kanduang nagari nagari yang ada di Sumatra Barat " kata Wirda seorang pengurus  Bundo Kanduang  DKI yang ikut bergabung dalam parade itu. 

Didominasi warna  merah  walau diselingi warga kuning,  hitam bahkan ada warna biru biru pakaian  emak emak diantaranya  lengkap dengan jamba ditutup kain berhias warna merah  dikepala. 

"Walaupun berbeda beda corak,  namun tetap memperlihatkan satu ciri khas,  yaitu baju kuruang basiba "  kata Wirda. 

Iring iringan parade yang telah berkumpul di depan Sarinah sejak pukul 07.00 pagi,  tepat pukul 08.00 bergerak berjalan perlahan sepanjang 2 kilometer menuju kawasan tugu Monas. 

Di kawasan parkir tugu Monas,  sudah ada sebuah pentas dan tenda besar lengkap dengan kursi untuk tamu peserta parade dan pengunjung. Di lokasi ini digelar acara seremonial setelah dengan mengambil tema Indonesia Tangguh,  Indonesia Tumbuh,  Indonesia Berbudaya. 

Pada acara seremonial dihadirkan isteri Wakil Gubernur Sumbar Fitria Amelia Audy Joinaldy. Fitria Amelia dalam sambutannya mengapresiasi semangat Bundo memperkenalkan budaya Minang  dengan mengikuti parade mengenakan baju adat masing masing. 

"Ini adalah hal yang luar biasa,  ibu ibu Minang DKI dan sekitarnya bersemangat memperkenalkan baju kuruang basiba, saya mengapresiasi hal ini,  mudah mudahan kita bisa mempertahankan budaya kita "  kata Fitria Amelia.

Isteri Audy ini berharap para perantau dapat  mendorong  generasi  muda Minang khususnya yang berdomisili di perantauan  untuk melestarikan budaya kita."Budaya kita yang terkenal  bukan saja kuliner,  tapi budaya berpakaian sebagaimana yang kita saksikan hari ini"  ujarnya. 

Ketua Bundo Kanduang DKI Suherni Syam dalam sambutannya mengatakan,  bahwa parade Budaya Nusantara yang digelar Bundo Kanduang DKI ini adalah pertama kalinya di gelar di Jakarta. " Kita ingin budaya Minangkabau dilestarikan sebagai budaya Nusantara, mempertahan budaya daerah adalah mempertahan budaya Nusantara " katanya.

Terlaksananya parade ini  kata Suherni adalah  karena partisipasi kita sebagai warga  Minang DKI dalam rangka memperingati HUT ke 77. " Kegiatan  ini didorong oleh semangat  adalah 

budaya sendiri, parade ini adalah wujdnya,  kita  dapat bersilaturrahmi" ujarnya.

Suherni mengucapkan terimakasih kepada Endra Defriani dari  Dinas Disparekraf yang hadir Pemda DKI. "Sampaikan salam dan ucapan terimakasih kami kepada bapak Gubernur Anies Baswedan, walau kali ini beliau belum bisa hadir,  mudah mudahan setelah ini  beliau bisa bersama kita " katanya. MK