arrow_upward

Walikota Padang : Masuk SMAK Padang Pilihan Terbaik

Monday, 22 August 2022 : 21:06


PADANG - Sebanyak 22 siswa SMK SMAK Padang mendapat bantuan beasiswa dan juga diupayakan untuk bisa uang saku dari Baznas Kota Padang. Hal itu merupakan bentuk perhatian Pemerintah Kota Padang melalui Baznas agar siswa dari keluarga kurang mampu tetap bisa melanjutkan pendidikan. 

"Kami berupaya terus memberikan perhatian kepada keluarga kurang mampu agar anak - anak mereka tetap sekolah. Kali ini untuk siswa SMAK Padang bisa diberikan bantuan beasiswa melalui Baznas, " kata Walikota Padang Hendri Septa usai menjadi inspektur upacara bendera sekaligus penyerahan bantuan di SMK SMAK Padang, Senin (22/8/2022).

Hendri Septa menyebut,  siswa SMK SMAK Padang yang menerima beasiswa dari Baznas adalah bagian dari generasi harapan bangsa yang memiliki potensi dan prestasi. Meskipun hari ini menempuh pendidikan dengan keterbatasan ekonomi, tapi suatu saat nanti akan memiliki kemandirian dan berkontribusi untuk kemajuan negeri. 

"Para siswa SMK SMAK Padang termasuk penerima beasiswa hari ini adalah harapan bangsa. Hari ini terbatas ekonomi,  tapi nanti akan mandiri dan memberikan kontribusinya untuk negeri ini, " ujar Hendri Septa. 

Dalam amanatnya selaku pembina upacara, Hendri Septa juga mengatakan masuk SMK SMAKPA adalah pilihan terbaik. Lulusan pendidikan vokasi adalah yang paling dibutuhkan dunia industri sehingga tidak ada kata menganggur setelah tamat nanti. 

Apalagi SMK di bawah Badan Pengembangan SDM Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian itu merupakan salah satu sekolah terbaik di Indonesia. Berbagai prestasi yang sudah ditorehkan sejalan dengan kompetensi dan integritas yang dimiliki siswa lulusannya. 

"Masuk di sini (SMAKPA) adalah pilihan terbaik. Nantinya langsung masuk dunia industri. Jadi, tidak ada istilah menganggur, " kata Hendri Septa. 

Dalam kesempatan itu, Walikota Padang didampingi beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta pimpinan Baznas Kota Padang. Diantaranya hadir Kepala Bagian Kerjasama Erwin,  Kepala Bagian Kesra Fuji Astomi, Mewakili Kepala Dinas Pendidikan Maidison, Camat Pauh dan Lurah Kapalo Koto. 

Kedatangan Walikota Padang disambut Kepala SMAK Padang Nasir dan jajaran serta seluruh warga sekolah. Pelaksanaan upacara juga berlangsung tertib dan khidmat. 

Nasir mengungkapkan, perhatian dari Pemerintah Kota Padang terhadap SMK SMAK Padang salah satunya jalinan kerjasama beasiswa siswa melalui Baznas. Kemudian ada lagi beberapa jalinan kerjasama yang akan segera direalisasikan,  diantaranya pembuatan pupuk organik cair dan beberapa hasil teaching factory di SMK SMAK Padang. 

"Kami berterimakasih atas perhatian Pemerintah Kota Padang terhadap SMK SMAK Padang. Salah satunya sudah membantu siswa kami yang kurang mampu untuk pembiayaan sekolahnya," ujar Nasir. 

Ungkapan terimakasih juga datang dari orang tua siswa dan siswa penerima bantuan beasiswa. 

Salah satunya dari Fajar Ramadan,  siswa kelas XI, mengungkapkan terimakasih.  Beasiswa dari Baznas membuatnya tenang menempuh pendidikan. Hal itu meringankan beban orang tuanya yang hanya ibu rumah tangga dan sekaligis orang tua tunggal. 

"Saya berterimakasih adanya bantuan dari Baznas Kota Padang. Saya jadi tenang untuk menempuh pendidikan. Beban orang tua jadi lebih ringan, " ujarnya, " kata Fajar.(*)