Puluhan Kepsek SD dan SMP di Bukittinggi Diganti


Wako Bukittinggi H.Erman safar menyerahkan SK kepada salah satu kepsek di Bukittinggi. (Ist)



BUKITTINGGI – Sebanyak 54 kepala sekolah dasar (SD) dan kepala sekolah menengah pertama (SMP) dimutasi Pemerintah Kota Bukittinggi.

Surat Keputusan Pemko Bukittinggi tentang pemberhentian dan pengangkatan jabatan kepala SD dan SMP itu diserahkan Walikota H.Erman Safar di aula balaikota, Senin (25/7).

Kepala BKPSDM Bukittinggi, Sustinna, bersama Kepala Disdikbud Bukittinggi, Melfi Abra, menjelaskan, penyerahan SK ini diberikan setelah adanya penilaian dan sejumlah pertimbangan dari pimpinan.

“Terdapat 46 Kepala SD dan 8 Kepala SMP se Bukittinggi yang kita serahkan,” ungkapnya.

Sekda Bukittinggi, Martias Wanto, menyampaikan, masa seorang guru yang diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah, memiliki batas waktu 16 tahun paling lama. Sehingga saat ini ada yang dimutasi dan rotasi.

“Banyak kepala sekolah yang pensiun dan belum banyak guru yang memiliki sertifikat untuk kepala sekolah. Sehingga butuh dilakukan rotasi. Bagi yang diberikan tanggungjawab ini, diharapkan dapat bergerak serentak sesuai dengan arahan Wali Kota Bukittinggi. Salah satunya, muatan lokal yang telah disusun Walikota, harus dilaksanakan di setiap sekolah,” ujar Sekda.

Sementara Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, Pemko ingin menekankan tentang perubahan arah peradaban. Sudah lama Bukittinggi absen memproduksi generasi unggul.

Wako melanjutkan, banyak upaya yang dapat dilakukan, seperti membuat sanggar seni di setiap sekolah, meningkatkan olahraga, membuat kegiatan praktek kebudayaan. Segala kendala dan kekurangan, diminta untuk segera dilaporkan.

“Para generasi muda Bukittinggi harus memahami adat budaya Minangkabau, punya dasar agama yang baik. Dunia pendidikan jangan sampai hanya sebatas kebiasaan masuk pagi pulang siang. Jangan kalah dengan swasta. Banyak masalah sosial yang harus diantisipasi. Jangan sampai anak anak Bukittinggi ini berperilaku menyimpang. SD dan SMP juga harus mengajarkan pelajar untuk hidup bersih,” tegas Erman.

Untuk SMP, Kepala SMP 1 Bukittinggi dijabat oleh Masrinal. Kepala SMP 2 Bukittinggi Irdasmayetti. Kepala SMP 3 Bukittinggi dijabat oleh Firman Adhani. Kepala SMP 4 Bukittinggi dijabat oleh Edi Kosla. Kepala SMP 5 Bukittinggi dijabat oleh Syamsimar. Kepala SMP 6 Bukittinggi dijabat oleh Tuti Karmila Sari Dewi. Kepala SMP 7 Bukittinggi dijabat oleh Alexandra. Kepala SMP 8 Bukittinggi dijabat oleh Erwandi.GD


0 Comments