arrow_upward

Human Initiative Gelar Edukasi Kesiapsiagaan Bagi Anak Korban Gempa di Pasaman

Tuesday, 26 July 2022 : 12:05




PASAMAN-Memperingati Hari Anak Nasional, pada hari Sabtu 23 Juli 2022, Human Initiative mengadakan kegiatan Edukasi Kesiapsiagaan Bencana di Sekolah sekaligus menyalurkan paket perlengkapan sekolah di tiga Sekolah Dasar yang ada di Nagari Malampah, Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman. Nagari Malampah merupakan salah satu daerah yang paling terdampak akibat gempa bumi Februari lalu di Kabupaten Pasaman. 

Kegiatan edukasi kesiapsiagaan bencana di sekolah dimulai aktivitas senam siaga gempa di lapangan sekolah. Anak-anak di SDN 04 Siparayo, tempat kegiatan pertama dimulai begitu antusias mengikuti gerakan senam yang diperagakan oleh relawan dari Human Initiative Volunteer Energy (HIVE). Senam siaga ini berisi gerakan dasn lagu yang mesti dilakukan ketika terjadi gempa. 

Tak hanya senam materi edukasi pun berlanjut dengan media permainan ular tangga raksasa. Permainan ini menggunakan papan ular tangga sepanjang 4 meter dan sudah dimodifikasi dengan konten-konten siaga bencana. Sembari bermain baik peserta maupun penonton bisa membaca info mitigasi bencana yang tertera di papan permainan. 

Terakhir, sebanyak 100 paket perlengkapan sekolah berupa buku, beragam alat tulis dan seragam lengkap serentak dibagikan di SDN 04 Siparayo, SDN 16 Siparayo dan SDN 20 Malampah Utara. Hadir dalam kegiatan ini sekretaris Nagari Malampah, Bapak Taufik dan ketua Korwil Pendidikan Kecamatan Tigo Nagari Bapak Yusman Idarwanis. 

Kepala Cabang Human Initiative Bukittinggi yang juga merupakan Project Manager Respon Peduli Pasaman Human Initiative, Hendra Nafsosianto,  menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memulihkan dan memelihara semangat anak-anak untuk tetap datang bersekolah walaupun kondisi di daerah mereka belum sepenuhnya pulih. Kemudian diharapkan dari kegiatan ini bisa terbangun kesiapsiagaan bencana bagi anak dan pendidik di daerah terdampak bencana.(*)