Festival Pesona Danau Maninjau Dibuka, Ini Rangkaian Iven yang Digelar



PADANG-Gubernur Sumatera Barat, diwakili Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda membuka secara resmi Festival Pesona Danau Maninjau di Objek Wisata Linggai Park, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Rabu (27/7).

Pembukaan tersebut ditandai dengan pemukulan tambua tansa oleh Luhur Budianda, didampingi Bupati Agam, Dr H Andri Warman MM, Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri, Ketua DPRD Agam, Novi Irwan, Waka Polres Agam, Pimpinan Bank Nagari Lubuk Basung Shanty Dewi Fauzy, Pimpinan BRI, sejumlah pimpinan OPD dan lainnya.

Luhur Budianda, mengucapkan terimakasih kepada Bupati Agam dan jajarannya yang telah membangun dan mengembangkan kepariwisataan di Agam.

Pemprov Sumbar sangat menyambut baik pelaksanaan Festival Pesona Danau Maninjau ini.

“Dengan adanya kegiatan ini semoga menjadi momentum bangkitnya kembali kepariwisataan di Sumatera Barat, khususnya di Kabupaten Agam,” katanya.

Penyelenggaraan event ini merupakan salah satu hal yang penting dalam mempromosikan kepariwisataan untuk menarik minat wisatawan agar datang berkunjung.

“Selain untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, kegiatan ini juga merupakan sebagai langkah strategis dalam meningkatkan minat generasi muda untuk mencintai budaya sendiri,” katanya.

Diharapkan event-event seperti ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan, sehingga mampu merangsang pertumbuhan ekonomi masyarakat dan dapat mempercepat proses pemulihan kepariwisataan pasca pandemi Covid-19.

Bupati Agam Andri Warman mengungkapkan rasa bangga dan gembiranya atas terselenggaranya event ini, karena beberapa tahun belakangan kegiatan tidak bisa dilaksanakan yang disebabkan pandemi Covid-19.

“Terimakasih saya ucapkan kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam mensukseskan penyelenggaraan kegiatan ini,” katanya.

Festival Pesona Danau Maninjau bukan hanya sekedar event biasa, tapi merupakan marwah daerah yang memiliki tuah.

Festival ini memberikan persepsi bahwa Kawasan Danau Maninjau adalah wujud istimewa dari keindahan alam dan intelektualitas budaya yang melahirkan karakter wilayah personal.

Semoga rangkaian iven ini melahirkan sinergitas dan kolaborasi kegiatan yang sangat baik, yang perlu dijadikan pemikiran untuk menunjang program pemerintah, salah satunya bidang pariwisata.

Diharapkan, event ini dapat memberikan multiplier effect, yang dapat meningkatkan perekonomian daerah.

“Semoga kegiatan ini dapat berlanjut setiap tahunnya, agar dampak terhadap perekonomian masyarakat terlihat jelas,” katanya.

Panitia pelaksana Syatria, mengatakan, Festival Pesona Danau Maninjau ini diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya Kejurda Paralayang, lomba vlog lintas wisata alam, parade jamba, penampilan kesenian, peragaan busana, penampilan kolaborasi musik tradisional, lomba pasambahan, lomba nyanyi minang, lomba menggambar dan mewarnai tingkat TK se Agam, Fun Bike to Maninjau dan Touring Terios Club Indonesia, serta napak tilas jejak Buya Hamka dan penampilan kesenian 5 danau wilayah kerja Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumbar.MK

0 Comments