-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Nurhadi Isbath : Kreatif dan Inovatif Semangat Baru di Tengah Pandemi

Tuesday, 24 November 2020 | 23:49 WIB Last Updated 2020-11-24T16:49:26Z

 

Nurhadi Isbath, saat memberikan motivas pada mahasiswa untuk jadi pelaku usaha sukses di tengah pandemi. Ist

PADANG-Wabah Covid-19 tak semata berdampak negatif bagi masyarakat, namun masa pandemi bisa dimanfaatkan dengan membuka peluang baru. Caranya, melakukan sesuatu yang kreatif dan inovatif.


Begitu disampaikan Nurhadi Isbath, yang menjadi nara sumber pada webinar dengan tema “Become A Smart and Highly Competitive Enterpreneur”. Webinar diselengarakan Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi, Universitas Negeri Padang, Sabtu (21/11).


"Misalnya, usaha kuliner. Kita harus tahu bagaimana melihat peluang. Caranya mengetahui apa keinginan konsumen. Sebab selama pandemi, banyak masyarakat yang enggan keluar rumah," kata Nurhadi, yang menjadi pemateri secara virtual. 


Misal lagi kata Nurhadi yang juga punya usaha kuliner, diawal pandemi juga terimbas. Namun resto yang mulanya menjual ayam goreng diganti dengan ayam forzen.


"Kalau sasaran produk saya wanita karier. Mereka sibuk bekerja namun masih ingin memasak untuk keluarga. Makanya dengan produk baru saya aya, frozen, mereka merasa terbantu. Jadi usaha saya tetap jalan meski di tengah pandemi. Artinya kita benar-benar harus tahu kebutuhan konsumen, kreatif, inovatif," sebut Nurhadi. 


Ketika mengantarkan ayam frozen, Nurhadi menggunakan jasa pengiriman khusus, agar produknya sampai dengan baik ke tangan kosumen. 


"Dalam hal menjalankan usaha di tengah pandemi saya bekerjasama dengan sejumlah pihak. Biar usaha kita tetap jalan dan konsumen benar-benar terbantu oleh kita sebagai pengusaha," tuturnya. 


Dalam pemaparannya Nurhadi memutar beberapa film yang menginspirasi bagaimana seseorang menjadi enterprenuership hebat. Satu di antara film yang diputar mengandung makna perjuangan seorang anak menjadi manusia yang baik dan memberi manfaat bagi orang banyak.


Webinar itu dibuka Wakil Dekan III, FE UNP, Dr. Yulhendri, SPd, MSi. Dalam sambutannya dia menyambut baik webinar yang selenggarakan panitia. 


"Tema wabinar yang diangkat panita sangat bagus, sebab selama pandemi semua sektor terdampak. Semoga setelah webinar ini mampu memberikan pencerahan pada masyarakat khususnya mahasiswa. Kita harus mampu menjaga dan memanfaatkan peluang di tengah pandemi," katanya. 


Sementara, Pembina Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi (HMJIE) Fakultas Ekonomi, UNP, Hari Setia Putra, SE, MSi, mengatakan tujuan mendorong peran mahasiswa dalam menganalisis pertumbuhan ekonomi di masa pandemi.


"Seluruh mahasiswa di Indonesia terutama Jurusan Ilmu Ekonomi, program studi ekonomi pembangunan diharapkan dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi. Kemudian mahasiswa diminta memahami isu-isu ekonomi yang sedang berkembang di negara,sehingga mereka diharapkan dapat berperan serta dalam memecahan berbagai bermasalahan yang terjadi di masyarakat," terang Hari. 


Kemudian katanya, lewat kegiatan dan kesehariannya mahasiswa diharapkan dapat memberikan masukan-masukan pada pemerintah. Contohnya dengan lomba karya ilmiah yang sudah digelar. Mereka bisa membuat esai terkait ekonomi Indonesia sekarang. Karya tulis mereka dapat dipresentasikan di hadapan dosen dan akan diteruskan pada pengambil kebijakan nantinya.


"Untuk lomba debat, harapannya setelah kegiatan ini mahasiswa bisa bekerjasama dengan LKTI dalam memecahkan permasalahan yang ada di Indonesia. Sedangkan untuk lomba poster dan vidio temanya berkait dengan pandemi Covid-19. Melalui lomba yang diselenggarakan bisa menjadi masukan untuk kemajuan UMKM yang terkena dampak wabah mendunia," ujarnya. 


Ke depan,  Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Youth Economics Science Competition (YES-C) diharapkan menjadi program rutin yang akan diselenggarakan mahasiswa jurusan ilmu ekonomi. Dengan begitu mereka bisa bekerjasa dengan mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi se Indonesia. 


"Kegiatan ini bisa menjadi tolak ukur bagi mahasiswa dalam menyampaikan aspirasinya, ide dan gagasanya di perguruan tinggi," pungkas Hari.


Pemenang


Berikut nama-nama pemenang masing-masing lomba Video Kreatif  Yes-C 2020


Juara 1 dengan tema “Tumbuhkan Kiat Investasi Gaul” Ketua Tim Alnavi Azzahra dari Politeknik Negeri Ponitianak. 

Juara 2, tema “Pariwisata Nuansa Khatulistiwa”. Ketua Tim : Malik Fajar dari Politeknik Negeri Ponitianak. 

Juara 3, tema “Zaman Kita” Radev Muhammad Aziz dari Universitas Negeri Padang.  


Pengumuman Pemenang Lomba Debat Regional YES-C 2020

Juara 1, regu Unand B : Putri Octapia, Alfaridzi Akmil, dan M. Iqbal dari Universitas Andalas

Juara 2, regu Unisri G : Annisa Fitri, Zona Arifuddin, Adi Budi Purnomo dari Universitas Sriwijaya.

Juara 3, regu Unisri C: Mhd. Andika Wahyudi, Lulu Mawaddah, Gentha Rukmana Putra dari Universitas Sriwijaya.


Pemenang lomba Karya Tulis YES-C 2020

Juara 1, Gagah Budi Prakasa dari Universitas Indonesia 

Juara 2, Muhammad Fajrul dari Universitas Hasanuddin

Juara 3, Rika Safitri Nur Azizah dari Universitas Negeri Malang  


Pemenang lomba Poster YES-C 2020

Juara 1, Surya Habibi Sitompul dari Universitas Negeri Padang

Juara 2, Rara Raissa Ramadhiani dari Universitas Lampung.

Juara 3, Calvin Widi Pratama dari Universitas Negeri Padang. YL

×
Berita Terbaru Update