-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Sekolah Tatap Muka Dimulai Januari 2021, Begini Prosedur yang Harus Disiapkan Sekolah

Sunday, 22 November 2020 | 12:08 WIB Last Updated 2020-11-22T05:08:15Z

Sejumlah anak memilih buku dalam ruangan kelas sebelum proses belajar mengajar berlangsung. kitapunya.id


JAKARTA-Pemerintah pusat memutuskan bahwa Pemda dapat membuka sekolah tatap muka di masa pandemi Covid-19 di semester genap per Januari 2021. Bidang kesehatan akan meningkatkan perannya dalam mencegah penularan Covid-19.

 

Sekolah tatap muka pada 2021 mendatang diputuskan melalui Surat Keputusan Bersam (SKB) 4 menteri terbaru, yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri.

 

Kepala daerah bisa melakukan pembukaan sekolah tatap muka secara serentak atau bertahap. Keputusan ini merupakan langkah yang disepakati bersama antara Satgas Covid-19, Kemendikbud, Kemenko PMK, Kemenag, Kemendagri, dan pemerintah daerah.

 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menegaskan bahwa keputusan ini memperbolehkan Pemda membuka sekolah tentu dengan memperhatikan protokol kesehatan. Artinya pembelajaran tatap muka diperbolehkan bukan diwajibkan.


Ada 6 poin yang harus dipenuhi setiap sekolah apabila ingin menerapkan pengajaran tatap muka, antara lain :

·         Sanitasi

·         Fasilitas kesehatan

·         Kesiapan menerapkan wajib makser

·         Thermo gun

·         Pemetaan satuan pendidikan untuk tahu siapa yang punya komorbid

·         Persetujuan komite sekolah dan orang tua wali


“Sekolah juga tidak perlu full diisi siswa. Kapasitas maksimal 50 persen,” kata Nadiem pada Pengumuman Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19 secara virtual, Jumat (20/11).


Keputusan pembukaan sekolah akan diberikan kepada tiga pihak, yakni pemerintah daerah, kantor wilayah (kanwil), dan orang tua melalui komite sekolah.


Orang tua masing-masing siswa dibebaskan untuk menentukan apakah anaknya diperbolehkan ikut masuk sekolah atau tidak. Sekalipun sekolah dan daerah tertentu telah memutuskan untuk membuka kembali kegiatan belajar tatap muka. (rilis)



×
Berita Terbaru Update