-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Hujan Deras Landa Agam, Satu Warung Hanyut Dibawa Arus

Sunday, 30 August 2020 | 19:08 WIB Last Updated 2020-08-30T12:08:10Z
Sebuah warung di pinggir jalan hanyut akibat hujan deras yang mengguyur Agam bagian barat sejak Minggu siang hingga sore. Ist
AGAM- Kawasan Agam bagian barat diguyur hujan deras sejak Minggu siang (30/8). Akibatnya jalan raya di pusat kota kabupaten tersebut banjir. Kondisi itu membuat kendaraan banyak yang mogok di tengah jalan.

"Puncak luapan banjir terjadi sekitar pukul 17.00 sore, setengah jam kemudian hujan reda dan air pun mulai surut. Banjir di beberapa titik disebabkan volume air hujan dan kiriman dari arah hulu banda dari ulu Batang Antokan di Siguhung meluap di beberapa lokasi yang kerendahan. Akibatnya beberapa rumah direndam air dan jalan raya bak sungai besar," kata Khud, salah seorang warga Lubuk Basung.

Disebutkannya, sebuah warung di depan SPBU runtuh, dihanyutkan air ke dalam bandar. Lokasi jalan yang berubah jadi"sungai" itu di hilir Pasar Usang, Lansano, Simpang Tigo Tugu Harimah dan Simpang Empat arah ke Talago. Ke dalaman air di jalan raya mencapai 50 sentimeter lebih sehingga tidak dapat dilalui sepeda motor dan mobil ukuran kecil.

Beberapa mobil yang memaksakan melintasi "sungai" kaget itu kelihatan mogok. Di Simpang Tigo, beberapa mobil kelihatan memilih berhenti menunggu hujan reda.

Banjir mendadak begini tidak baru sekali ini. Tapi peningkatan luapan air untuk beberapa lokasi itu terjadi baru dua tahun terakhir. Ditenggarai penyebabnya adalah sistem dranaise yang buruk dan sumbatan-sumbatan saluran air akibat pembuangan sampah sembarangan. MK
×
Berita Terbaru Update