Santunan BPJS Ketenagakerjaan Jutaan Rupiah Mengalir untuk Pekerja Migran Indonesia yang Meninggal di Malaysia

 

Penyerahan santunan BPJSTK kepada ahli waris pekerja migrasi Indonesia yang meninggal dunia di Malaysia. Ist 
PADANG- Kabar duka menyelimuti keluarga Muhammad Irfan, seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kota Padang, Sumatera Barat, yang wafat di Malaysia pada 23 Maret 2024. Di tengah kesedihan, secercah harapan hadir melalui santunan kematian dan beasiswa pendidikan senilai Rp256 juta dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang.

Bantuan ini diserahkan secara simbolis oleh Asisten 2 Pemerintah Kota Padang, Didi Aryadi, kepada ahli waris, Desmawati, di Gedung Youth Center Padang. Penyerahan santunan ini disaksikan oleh berbagai pihak, termasuk Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang, Muhammad Syahrul; Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumatera Barat, Nizam Ui Muluk; Kepala Disnakertrans Kota Padang, Ferry Erviyan; dan Kepala BP3MI Sumatera Barat, Bayu Aryadhi.

Santunan yang diberikan terbagi menjadi dua bagian:

Santunan kematian: Rp85 juta

Beasiswa pendidikan untuk 2 orang anak: Rp117 juta

Didi Aryadi menyampaikan rasa belasungkawanya atas meninggalnya Muhammad Irfan dan mengapresiasi BPJS Ketenagakerjaan atas pemberian santunan dan beasiswa. "Ini merupakan bentuk kehadiran negara dalam melindungi warganya, termasuk PMI," ujarnya.

Muhammad Syahrul, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang, menjelaskan bahwa santunan ini merupakan hak peserta BPJS Ketenagakerjaan. "Kami berharap santunan ini dapat meringankan beban keluarga yang ditinggalkan dan beasiswa dapat membantu pendidikan anak-anak almarhum," tuturnya.

Beliau juga menghimbau kepada seluruh PMI untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan agar mendapatkan perlindungan jaminan sosial saat bekerja di luar negeri. "BPJS Ketenagakerjaan hadir untuk melindungi PMI dan keluarganya dari risiko kecelakaan kerja dan kematian," tegasnya.

Manfaat Menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan Bagi PMI:

Perlindungan atas risiko kecelakaan kerja dan kematian

Santunan kematian

Beasiswa pendidikan bagi anak

Jaminan hari tua

Informasi santunan dan beasiswa yang diberikan berbeda-beda tergantung masa kerja dan program BPJS Ketenagakerjaan yang diikuti. YL


0 Comments