Menag Yaqut Bahas Kemudahan Pengiriman Kargo Haji dengan Pos Indonesia


Suasana pertemuan Kemenag RI dengan PT. Pos Indonesia. Ist

JAKARTA- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menerima kunjungan Direktur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi di Kantor Pusat Kementerian Agama RI. Pertemuan ini membahas tentang rencana pemberian kemudahan layanan pengiriman barang jemaah haji dari Arab Saudi ke Indonesia.

Pengiriman Kargo Lebih Cepat dengan Pesawat

Menanggapi keluhan jemaah haji tahun lalu yang harus menunggu lama, hingga dua bulan, untuk menerima kargo mereka karena dikirim melalui laut, Pos Indonesia menawarkan solusi pengiriman kargo melalui udara.

"Kita bisa kerja sama dengan perusahaan di Arab Saudi, namanya MCS, agar pengirimannya jauh lebih cepat," jelas Dirut Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi.

Pemeriksaan Kargo di Arab Saudi

Faizal juga menyampaikan bahwa Pos Indonesia telah menjalin komunikasi dengan Dirjen Bea Cukai Askolani. Dirjen Bea Cukai berkomitmen untuk mengirimkan petugasnya ke Arab Saudi untuk melakukan pemeriksaan kargo jemaah haji sebelum dikirim ke Indonesia.

"Jadi ini pre-inspection. Jadi nantinya saat kargo masuk ke Indonesia, pemeriksaannya bisa lebih minim, hanya scan x-ray saja untuk memastikan tidak ada barang terlarang masuk," ujar Faizal.

Pengiriman Sampai ke Pintu Rumah Jemaah

Pos Indonesia menawarkan layanan pengiriman kargo haji sampai ke pintu rumah jemaah. "Penawaran layanan pengiriman kami sampai ke pintu rumah jemaah, karena memang kelebihan Pos Indonesia itu tersebar sampai pelosok negeri," ujar Faizal.

Sosialisasi Sejak Embarkasi

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bahwa sosialisasi pelayanan pengiriman barang jemaah ini akan mulai dilakukan kepada para calon jemaah haji sejak mereka tiba di embarkasi.

"Nanti bisa kita adakan sosialisasi sejak di embarkasi," ungkapnya. Rel



0 Comments