PWI Pusat Kembali Geber UKW Gratis di 38 Provinsi Pasca Lebaran

JAKARTA - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat melalui Lembaga Uji Kompetensi Wartawan (LUKW) PWI kembali menggelar program UKW gratis di 38 provinsi se-Indonesia dan satu daerah PWI khusus yaitu PWI Surakarta pasca Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

Program Berkelanjutan untuk Meningkatkan Kualitas Wartawan

Ketua PWI Pusat Hendry Ch Bangun mengatakan bahwa program UKW gratis ini merupakan kelanjutan dari program sebelumnya yang telah sukses dilaksanakan di 10 provinsi. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas wartawan di seluruh Indonesia.

Antusiasme PWI Daerah dan Apresiasi Peserta

Program UKW gratis ini disambut antusias oleh PWI daerah. Ketua PWI Kepri Andi Gino dan Ketua PWI Sulawesi Tenggara Sarjono mengapresiasi program ini karena sangat membantu dalam meningkatkan kualitas wartawan di daerah.

Target 20 Provinsi di Periode April-Mei 2024

Minimal 10 provinsi akan melaksanakan UKW gratis di periode April-Mei 2024. Beberapa daerah yang telah siap melaksanakan UKW antara lain Papua Tengah, Riau, Sumsel, dan Kepri.

Kompetisi Jurnalistik dengan Hadiah Rp50 Juta

Peserta UKW PWI Pusat gratis juga memiliki kesempatan untuk mengikuti kompetisi jurnalistik dengan total hadiah Rp50 juta. Tema lomba jurnalistik ini adalah "Peran BUMN terhadap Kemajuan Pers melalui UKW" dan "Peran Strategis UKW Meningkatkan Kualitas Pers Indonesia".

Persyaratan dan Ketentuan

PWI daerah yang ingin melaksanakan UKW gratis perlu menyiapkan administrasi berkas peserta sesuai ketentuan yang berlaku di LUKW PWI. PWI daerah juga harus melakukan koordinasi dengan LUKW PWI terkait waktu dan tempat pelaksanaan UKW.

Publikasi dan Dokumentasi

PWI daerah diwajibkan untuk memberitakan atau mempublikasikan rilis berita terkait penyelenggaraan UKW PWI gratis. Dokumentasi kegiatan UKW juga harus dilaporkan kepada LUKW PWI.



0 Comments