Pejabat Peninggalan Rezim Mantan Gubernur Irwan Prayitno, Satu Persatu Mulai "Lengser"

Lima mantan pejabat tinggi pratama foto bersama dengan gubernur, wargub dan sekdaprov Sumbar saat perpisahan secara resmi karena purna tugas. Ist

PADANG- Seiring berjalannya waktu, pejabat di lingkungan pemerintah Provinsi Sumbar mulai "Lengser". Lengser dimaksud bukanlah karena diturunkan atau diberhentikan, melainkan sudah memasuki masa purna tugas. 
Mereka yang sudah memasuki purna tugas itu jumlahnya lima orang mantan pejabat tinggi pratama di lingkungan pemerintah provinsi. Masa purna tugas mereka berakhir pada Juli 2023. Sabtu (19/8) lima mantan pejabat yang purna tugas itu dilepas secara resmi oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah di Auditorium Gubernuran. 

Lima pejabat yang lama mendampingi mantan Gubernur Irwan Prayitno itu adalah 1. Wardarusmen, dengan jabatan terakhir mantan Asisten 2 Setdaprov Sumbar. 2. Syafrizal yang lebih dikenal dengan "Ucok", adalah mantan Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan. 3. Nazwir, mantan Kadis Koperasi dan UKM Prov Sumbar. 4. Efendi, mantan Kadis Pangan Prov Sumbar dengan jabatan terlama di OPD yang dia pimpin. 5. M. Irsyad mantan Kabiro Kesra Setdaprov Sumbar. 

Saat melepas lima pejabat itu secara resmi, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah menyampaikan terima kasih atas dedikasi dan sumbangsih selama mereka menjabat.

"Atas nama pribadi dan pemerintah daerah, saya mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan sumbangsih dari bapak-bapak untuk Sumbar," kata Gubernur Mahyeldi. 

Disebutkannya, masa purna tugas bukanlah akhir dari segalanya. Meski tidak lagi aktif berkarir di ranah birokrasi, setiap purna Aparatur Sipil Negara (ASN) masih bisa menyalurkan ide dan kreativitasnya melalui berbagai hal positif. Gubernur Mahyeldi pun mendoakan lima mantan pejabat tinggi pratamanya tersebut agar ontribusi yang telah diberikan selama ini dinilai sebagai amal jariyah dan mendapat ganjaran pahala dari Allah SWT. 

 "Semoga semangat, keikhlasan dan pengabdian dari Bapak-Bapak selama ini mendapatkan imbalan pahala dari Allah dan selalu diberikan kesehatan, kekuatan serta keselamatan dalam menjalani kehidupan kedepan," ujar Mahyeldi.

Syafrizal Ucok, salah seorang perwakilan dari mantan pejabat pimpinan tinggi pratama, pun menyampaikan permohonan maaf dan terima kasih kepada pimpinan daerah dan seluruh pihak yang telah membantunya selama melaksanakan tugas sebagai ASN.

"Izinkan saya mengucapkan terima kasih atas bimbingan, arahan, bantuan, perhatian serta kerja sama dari para pimpinan dan rekan-rekan sekalian selama saya bertugas dulunya. Kemudian saya juga memohon maaf kepada bapak/ibu sekalian apabila selama kebersamaan saya banyak melakukan kesalahan," ungkap Syafrizal.

Meski tidak lagi aktif sebagai birokrat, Syafrizal "ucok" memastikan ia bersama rekan-rekan yang purna tugas lainnya akan tetap berkontribusi untuk bangsa dan negara meskipun melalui cara dan jalur yang berbeda. Rasa haru terlihta jelas dipenghujung acara. 

Itu terlihat ketika mereka menerima ungkapan cinta dan terima kasih yang direfleksikan dalam bentuk cinderamata dari Gubernur Mahyeldi yang didampingi oleh Wakil Gubernur dan Sekda. Selanjutnya kegiatan ditutup dengan foto bersama dan bersalaman antara kelima mantan pejabat dengan seluruh tamu yang hadir. rel

0 Comments