Dilepas Gubernur, Atlet Sumbar Siap Bertanding pada POPNAS ke XVI di Sumsel

 

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, memberi sambutan pada pelepasan secara resmi kontingen POPNAS Sumbar yang akan berlaga di Sumsel pada POPNAS ke XVI tahun 2023. Ist

PADANG-Sebanyak 296 orang terdiri atlet, pelatih dan pelatih Sumbar akan mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) ke XVI di Sumatera Selatan pada 25 Agustus 2023. 

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, mengharapkan para atlet berjuang semaksimal mungkin untuk meraih prestasi. Mengingat pada POPNAS sebelumnya Sumbar berhasil menoreh prestasi 10 besar.

"Selama POPNAS berlangsung, kami harapkan atlet bisa menjaga kesehatan agar bisa bertanding dengan maksimal. Kami dari pemprov sumbar selalu mensupport dan berdoa agar seluruh atlet bisa meraih prestasi diajang POPNAS 2023 ini," terang Gubernur Mahyeldi, saat melepas secara resmi atlet dan pelatih POPNAS Minggu (20/8) di Istana Gubernuran.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga  Sumbar, Maifrizon menjelaskan BAPOPSI Pusat telah menetapkan sebanyak 22 caabor yang dipertandingkan. Namun sumbar hanya lolos untuk 20 cabor.

"Karena pemprov keterbatasan dana maka hanya 19 cabor yang bisa diikuti. Dari jumlah itu dua cabor diantaranya berangkat secara mandiri atau tidak dibiayai APBD. Cabor tersebut adalah sepakbola dan bulu tangkis," terang Maifrizon di dampingi Sekretaris Dispora, Alfiandri. 

Disebutkannya, total atlet pelatih dan official Sumbar yang mengikuti POPNAS sebanyak 296. Terdiri dari atlet dan pelatih sebanyak 276 orang, 80 orang diantaranya  berangkat dengan dana APBD. Sementara 196 orang berangkat secara mandiri.

"Sedikitnya jumlah kongtingen yang bisa difasilitasi melalui APBD karena keterbatasan anggaran yang ada di Dinas Pemuda dan Olahrga Sumbar. Namun besarnya keinginan dan harapan pelajar bersama orangtuanya, maka mereka akhirnya mengikuti POPNAS. Anak-anak berlatih dengan komitmen tinggi. Semangat mereka mesti diapresiasi. Begitu juga pada pihak yang mendukung keberangkatan kontingen pelajar Sumbar," sebutnya. 

Cabor

Adapun cabor yang diikuti kontingen Sumbar angkat besi, atletik, balap sepeda, dayung, judo, karate, kempo, menembak, panahan, panjat tebing, pencak silat, renang, senam, sepak takraw, taekwondo, tinju, wushu, sepakbola dan bulu tangkis. 

"Kami optimis pelajar kita yang bertanding pada POPNAS  ke XVI  di Sumsel mampu meraih prestasi. Mari kita dukung dan doakan secara bersama-sama," sebut Maifrizon.

Rasa optimis itu disampaikan karena sebelum berangkat POPNAS, para atlet sudah berlatih. Apalagi beberapa cabor dari PPLP. YL


0 Comments