Sumbar Tuan Rumah WIES, Iven Bergengsi Skala Internasional, Cek Jadwal Pelaksanaannya

Media ghatering bersama sejumlah jurnalis Padang terkait WEIS yang akan berlangsung 

PADANG-Sebuah iven berskala internasional bakal digelar di Hotel Pangeran Beach Kota Padang pada Minggu-Jumat  6- 9 September 2023. Iven yang bernama World Islamic Entrepreneurs Summit (WIES) adalah gerakan ekonomi global untuk memberdayakan 99% populasi masyarakat di seluruh dunia melalui pemberdayaan ekonomi dan kolaborasi bisnis di dunia yang semakin digital.

Ketua Badan Promosi dan Pariwisata Daerah (BPPD) Sumbar, DR. Sari Lenggogeni sekaligus Ketua Panitia WIES 2023,menjelaskan, WIES 2023 merupakan ivent perdana enterperneurship muslim dengan skala internasional.Iven itu mengusung konsep  sebuah forum tempat berkumpulnya para pelaku usaha muslim baik nasional maupun internasional.

"Saat ini sudah ada beberapa kepala negara Islam yang sudah konfirm kehadirannya untuk WIES.. Ayo kita sukseskan dan  mari kita gaungkan iven ini bersama-sama," kata Sari saat launching acara media gathering.di Padang Sabtu (15/7).

Disebutkan Sari, ditunjuknya Sumbar sebagai tuan rumah WIES 2023 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), karena Entrepreneur skill orang Minang sudah sangat teruji. Apalagi Sumbar dikenal dengan filosofi Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, maka kemampuan berdagang Minang sudah mendunia dan basic agamanya tak perlu diragukan," kata Sari. 

"Keberadaan industri halal juga dalam upaya menciptakan ekonomi yang inklusif. Sejauh ini ada 5 negara yang konsen pada industri halal di dunia, dimana semuanya diundang menghadiri WIES di Sumbar. Karena, WIES selain expo juga diharapkan menjadi forum investasi dan perdagangan antar pelaku usaha," sebutnya.

Negara yang akan hadir di WIES Summit di Sumbar adalah negara yang akan jadi trading dan pembeli dari produk Sumbar nantinya, ada Jepang, Vietnam, Malaysia, Chili, Thailand dan lainnya.

Sari berharap, penyelenggara WIES merupakan kolaborasi Kemenparekraf, BPPD dan Dinas Pariwisara Sumbar. Harapannya Sumbar menjadi pusatnya produk halalnya di Indonesia.

Lebih jauh dikatakannya,WIES mengakui bahwa teknologi digital memiliki potensi untuk menyamakan kedudukan dan memberikan peluang bahkan bagi individu yang paling terpinggirkan. Karena itu, Sari mengundang semua pelaku bisnis untuk hadir yang ajang WIES yang bertajuk "Membangun Kerangka Ekonomi Inklusif di Dunia yang Terpolarisasi”

Sementara itu, Fazil Irwan SOM - CEO Penang Halal International sebagai mitra dan pendukung WIES 2023 mengatakan Sumbar merupakan daerah yang sangat strategis dan memiliki potensi besar untuk perkembangan industri halal.

"Sumbar memiliki potensi pariwisata dan prioritas pembangunan di sektor pariwisata. Ini bisa melahirkan Global Muslimpreneur Forum, yang merupakan asosiasi forum wirausaha muslim pertama di dunia yang nantinya berpusat di Sumatera Barat," sebuutnya.

Fazil menambahkan WIES merupakan platform WIES untuk mengadvokasi kebijakan dan program yang mendukung kebutuhan 99% termasuk inisiatif untuk meningkatkan akses ke pendidikan, pelatihan, dan sumber daya.

Muhammad Zuhrizul Ketua TPP Desa Wisata Sumbar yang juga sebagai tim penasehat WiES 2023 berharap dukungan penuh media bisa memberi 'pride' tersendiri untuk pariwisata sumbar.

"Kenapa Sumbar dipilih sebagai tuan rumah karena Ranah Minang banyak melahirkan saudagar Islam yang mendunia" ungkap  Zuhrizul.

Turut hadir Staf Khusus Kemeparekraf, Vera Damayanti. Dia mengatakan banyak negara yang bukan Islam, namun berminat terhadap industri halal. Karena itu, WIES di Sumbar, diharapkan mempromosikan produk halal di seluruh dunia.

"Kita harapkan, bagaimana kita bisa menggiring opini publik terhadap kegiatan WIES ini sehingga kita orang Minang merasa memiliki dan ikut mensukseskan iven ini," harap Vera. YL


0 Comments