Tim PKM UPI YPTK Latih Pengurus Barang Pemkab Agam

 

Suasana pelatihan

PADANG-Tim pengabdian kepada masyarakat (PKM) dari Universitas Putra Indonesia YPTK Padang (UPI YPTK) memberikan pelatihan kepada Pengurus Barang Pemerintahan Kabupaten Agam.

Pelatihan yang diberikan berupa cara penggunaan aplikasi Sistem Informasi Perencanaan dan Harga (SIPAGA) terkait penyusunan Rencana Kebutuhan Barang Milik Daerah RKBMD.

”Kegiatan ini kami lakukan dalam rangka meningkatkan kinerja pengurus barang dalam menyusun RKBMD yang akan menjadi dasar dalam penyusunan KUA PPAS, “kata Ketua Kelompok Pengabdian masyarakat UPI YPTK, Cendra Wadisman Kepada Singgalang, kemarin. 

Cendra menuturkan, pengabdian masyarakat yang mereka selenggarakan terkait tata cara penggunaan aplikasi SIPAGA. Dia mengatakan dengan adanya program pelatihan ini diharapkan bisa memberikan manfaat untuk peningkatan dalam penetapan RKBMD yang dihasilkan setiap tahun.

”Aplikasi yang digunakan adalah SIPAGA yang dibuat khusus untuk alur penyusunan Perencanaan kebutuhan barang milik daerah dilaksanakan setiap tahun setelah rencana kerja (Renja) SKPD ditetapkan yang akan menjadi dasar dalam penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran OPD dapat digunakan secara online oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Sumatera Barat,” ujarnya. 

Sementara itu Anggota Kelompok Tim PKM UPI YPTK Padang, Elmi Rahmawati mengatakan SIPAGA dapat memudahkan dalam penyusunan RKBMD, karena setiap pengurus barang OPD dapat melakukan usulan dimanapun dan kapanpun asal terhubung ke internet dengan batas waktu yang telah ditentukan oleh Tim Aset.

Kemudian anggota lainnya Ahmad Junaidi mengatakan kegunaan SIPAGA, Pemprov Sumbar sudah memanfaatkan SIPAGA sejak tahun 2019 pada saat RKBMD Perubahan sampai dengan saat ini yang terus dikembangkan agar memudahkan Tim Aset dalam melakukan verifikasi usulan, seperti menghubungkan kodefikasi barang dengan subkegiatan OPD. 

Tim PKM UPI YPTK berharap kepada Pengurus Barang Pemerintahan Kabupaten Agam yang mengikuti pelatihan dapat memanfaatkan ilmu yang mereka terima.

“Semoga ilmu yang kami berikan bisa bermanfaat dan kegiatan ini bisa berlangsung secara berkelanjutan” pungkasnya. 107

0 Comments